KURSUS MEKANIK MOTOR BERPRESTASI

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum

Selamat datang di situs resmi Auto Champion. Data statistik transportasi banyak menunjukkan pertumbuhan sepeda motor yang meningkat tajam dari tahun ke tahun dan ini dipersaksikan kita semua. Sehingga hal tersebut mempengaruhi perkembangan bisnis pelayanan after sales sepeda motor, diantaranya servis motor, perawatan mesin, kelistrikan, chasis, penjualan spare part, modifikasi motor, asesoris dan lain lain. Kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja, jangan sampai kehilangan momentum memanfaatkan peluang tersebut, atau relakan saja diambil orang lain.

Fenomena tersebut menjadikan kebutuhan akan mekanik yang berkualitas menjadi faktor penting dalam perputaran bisnis sepeda motor. Termasuk perkara asas dan lebih penting lagi adalah memilih tempat pendidikan kursus mekanik sepeda motor yang berkualitas. Perlu diketahui, kualitas Lembaga kursus bisa dilihat dari pernah berprestasi atau belum lembaga tersebut, karena prestasi indikator yang paling jelas dilihat. sehingga praktis, mau tidak mau konsumen dihadapkan 2 pilihan, lembaga berprestasi, atau non prestasi, adapun Auto Champion memastikan diri sebagai lembaga yang punya prestasi, dan siap berkompetensi di level manapun, sehingga jaminan terhadap kualitas kursus mekanik lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa informasi kursus bengkel sepeda motor di Auto Champion Training Center (Google Map/Arah dipandu Google Map) yang sudah berprestasi di Yogyakarta (red- Jogja Istimewa) dan di level Nasional :

"UNGGUL DENGAN FASILITAS TEKNOLOGI TINGGI (HITECH) DIANTARANYA SCANNER INJEKSI MOTOR ALL BRAND (SCANNTOOL MENDUNIA)" (KLIK SINI)

Bonus Full Tip dan Trik Mekanik Motor Terapan, dan artikel keren (klik sini)

  1. Testimoni (komentar) tentang kursus
  2. Brosur kursus mekanik motor klik disini
  3. Brosur Pelatihan Scanner Moge, Scann Bisa All Brand (Semua Merek)
  4. Info detail (lama belajar) & kos/ bea di Jogja
  5. Objek Training
  6. Buku Kita (terapan dan praktis plus dvd overhaul (turun mesin Honda Tiger 2000 dan overhaul Supra 125 modif kopling), overhaul Mio J harga promo dan mudah dipesan)
  7. Mekanik Motor Injeksi (kelas baru)
  8. Transportasi menuju Jogja atau (Otomatis dipandu Google Map)
  9. Foto bengkel alumni
  10. Bursa Kerja Auto Champion
  11. Alat bengkel terbaru injeksi motor Honda dan Motor yamaha
  12. Mendukung konsumen (pemilih kursus) cerdas di indonesia

Prestasi dan track record Auto Champion Training Centre :

  1. Sistem belajar jarak jauh bagi yang sibuk atau belum bisa datang langsung.
  2. Unggul dengan scanner injeksi Hitech (brand Mendunia) dan Update Teknologi.
  3. Nara sumber di lembaga kapal pesiar LP2K Sun Marino Indonesia, Materi "Kewirausahaan Tentang Mekanik Motor" 19 Maret 2016
  4. Juara Lomba instruktur otomotif dalam rangka Jambore PTK PNF Tingkat Daerah istimewa Yogyakarta tahun 2014
  5. Nara Sumber untuk Upgrade skill Mekanik motor untuk 60 UKM Bengkel Sepeda motor di dinas koprasi bidang UKM, Kediri Jawa Timur2013.
  6. Juara I lomba inovasi bisnis Balai Pemuda dan Olahraga DIY 2009
  7. Lolos Business Start Up Awards (BSA) 2010 seleksi tahap pertama Shell liveWIRE Indonesia
  8. Terpilih 10 besar tingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Bisnis Pemuda tahun 2010 penyelenggara Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
  9. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2010
  10. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2009.
  11. Penyelenggara Program Dukungan Lembaga dari Dinas Pendidikan Sleman 2007
  12. Pelatihan mekanik untuk penyandang cacat/ difable.
  13. Tester mekanik untuk kebutuhan bengkel
  14. Pencetak pengusaha bengkel dan mekanik sepeda motor
  15. Lembaga sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional PNF
  16. Nara sumber rubrik otomotif Koran Harjo (Harian Jogja) hanya 1x tayang.
  17. Semua Pengajar/instruktur bertitel S1 pendidikan teknik mesin, memiliki sertifikan mengajar yang resmi, dan berpengalaman serta terfokus pada ilmu terapan mekanik sepeda motor dan juga memahami arah pembelajaran.
  18. Memberikan jaminan perlindungan konsumen(klik sini).

Kami berharap saudara sukses bersama kami dengan program yang cepat, praktis dan terarah sehingga setiap langkah memiliki asas manfaat dan nilai yang tinggi. Sudah saatnya kita membuat perubahan besar dalam diri kita dan tidak lagi memboroskan uang, waktu, dan pikiran kita hanya untuk sebuah omong kosong dan kesia-siaan. jadikan hidup kita lebih bermakna dengan berkarya!

Pastikan gabung AUTO CHAMPION dan jadilah yang tebaik di bidangnya!

Gerakan Nasional Menuju Indonesia Mandiri dengan Skill Mekanik Motor! jangan mau dijajah!.

Terakhir, Semoga upaya ini termasuk Penyebaran ilmu yang semoga bermanfaat dimanapun kita berada!.

wassalamualaikum

Official dan direktur auto champion

( Dadang )

15 Agustus 2017

Jupiter Z Brebet, Tidak Bisa Langsam dan Distater Susah Hidup

Jupiter Z Brebet, Tidak Bisa Langsam dan Distater Susah Hidup
Problem
Tetangga mengeluhkan motornya Yamaha Jupiter Z susah distater jika 1 hari tidak dipakai. kalo mau hiduppun brebet-brebet dan tidak mau langsam (stasioner). Dia minta tolong motornya diservis dan dipasang kabel choke yang sdh lama choke tidak difungsikan dengan harapan choke bisa membantu memudahkan starter di pagi hari.
Solusi
Sebelum mekanik servis saya coba setting setelan angin dan stasioner. Ternyata susah didapet settingan yang pas, seperti tidak ada pengaruhnya, diputar kemanapun tidak ngefek. kemudian mekanik cek businya basah, menandakan campuran bensin terlalu kaya. kemudian mekanik bongkar karburator dan cek setelan klep, filter angin ( prosedur servis ringan). Setelan klep mekanik buat standar 0.05 in, dan ex agak longgar dr 0.05. Filter mekanik bersihkan karburator juga dibersihkan, kabel choke dipasang dan dirakit kembali. Mekanik coba hidupkan mesin masih susah hidup dan ketika hidup juga msh brebet-brebet tidak mau langsam.
Belum berhasil, lanjut kerja………..
Mekanik bongkar lagi karburator dicoba setting jarum pelampung agar pasokan bensin ke karburator tidak terlalu banyak, karena ada indikasi bensin boros. Sebelum karburator dipasang, mekanik melakukan tes dulu pasokan bensin apakah sudah pas, masih terlalu banyak atau malah kurang, dengan cara manual dituang bensin di botol dengan selang ke karburator. Mekanik buka lagi mangkokan karburator dan dilihat sudah pas level bensinnya. Kemudian mekanik pasang lagi dan hidupkan mesin, ternyata msh sama. Mekanik cek lagi busi masih basah. “Apa lagi penyebab busi basah ni”.... tanya mekaik dalam hati, padahal main jet dan slow jet msh terlihat bagus blm aus.
Fokus, fokus fokus…..
Akhirnya perhatian mekanik alihkan ke sistem mekanisme dan saluran choke. Dan mekanik temukan lubang di mangkokkan karburator untuk saluran naiknya bensin ke venturi, ternyata sudah disumbat dengan lem plastic steel (sepertinya sengaja cuk dimatikan). Itlah yang membuat choke tdk berfungsi. Mekanik tidak tahu secara pasti maksud ditutupnya lubang ini oleh bengkel, untuk mengatasi busi yang basah karena terlalu boros, atau karena choke yang lama tidak difungsikan sehingga sekalian ditutup lobangnya. Akhirnya mekanik buka sumbatannya dan dipastikan sudah bersih salurannya dengan disemprot. Mekanik pasang lagi karburator dan hidupkan masih sama, blm ada perubahan.
Hmmm itu seninya sering temui problem makin terasah, stop menyerah…...
Mekanik tinggal dulu sementara mengerjakan motor lain agar pikiran tidak penat dan tegang. setelah selesai mekanik coba lagi cari penyebab busi basah. Perhatian mekanik alihkan ke kran vakum bensin. mekanik buka selang bensin dari kran menuju karburator, masih bgs blm bocor. mekani lihat aliran bensin dengan diengkol juga aliran normal tidak ada yang tersumbat. Mekanik melepas selang vakum kran yg ada di manifold ternyata ada bensin yg masuk lewat selang ini. Ini menandakan kran bensin sudah jebol shg bensin ikut masuk ke ruang bakar tanpa melalui karburator sehingga pengabutan kurang yg akhirnya membuat campuran bensin terlalu kaya dan busi selalu basah. Untuk membuktikan apakah benar ini penyebabnya, maka mekanik coba lepas kran vakum dan selang dihubungkan langsung dari tangki ke karburator tanpa kran. mekanik hidupkan mesin dan Alhamdulillah berhasil. Mesin mudah dihidupkan, bisa langsam, tidak brebet dan setelan angin dan stasioner sudah bisa distel, padahal sebelumnya diputer-putar tidak ada perubahan.

Referensi :
Kasus bengkel Wahyu Motor, bengkel motor injeksi dan motor karbu Delanggu Klaten Jawa Tengah, Alumni Auto Champion Training Center yang kasusnya masuk ke redaksi Auto Champion

Terima kasih

Dadang Auto Champion