Honda Beat ESP Kelistrikan Mati Total
Honda
Beat ESP Kelistrikan Mati Total
Problem
Pemilik
Motor Beat
esp berkeluh sistem kelistrikannya mati total, mesin tidak
bisa
dihidupkan maskipun pakai kick starter. Tapi
coba
pakai charger accu untuk menghidupkan, ternyata benar bisa
hidup tapi
kalo
charger accu dicabut mesin mati. Kemudian mekanik
berpikir, kok bisa
ya padahal kan beat pakai capasitor bank yang
bisa
mengcover arus listrik jika
accunya rusak, knapa ini, masak iya kiproknya sedangkan kiproknya
jadi
satu dengan
ECUnya,
( beda dgn beat fi yg tdk esp, yang
tidak
esp kiproknya
berdiri sendiri ),
Solusi
Mekanik
berpikir masak
iya comp startnya, tapi
setelah
mekanik
coba ganti
comp startnya dan
hidupkan,
ternyata tidak
berhasil, berarti comp startnya tidak
masalah. Kemudian
mekanik
coba kabel dari
spul dicek
satu-satu pakai AVO meter, ternyata benar label warna putih ( untuk
charger sistem ) putus, tapi
putusnya tidak
kentara, karena
kabelnya kelihatan
utuh tidak
putus sama sekali. Setelah mekanik
perbaiki
dan coba hidupkan
pakai kick starter, langsung
jreng semua sistem kelistrikan berjalan normal semua, Alhamdulillah
pekerjaan dimudahkan lagi
sama Allah.
NB : Perlu diwaspadai kabel ties pd kabel dr spul sangat kencang dan sangat kuat dan pada saat motor lewat jalan berlubang kabel ketarik-tarik dan terjadi putus, putusnya bisa langsung kelihatan bisa juag tidak kentara putusnya, mendingan kabel tiesnya dilepas aja biar aman dan longgar gerakanya.
Referensi
:
Kasus
Wahyu Motor Sidoarjo Jawa Timur yang masuk ke redaksi Auto Champion
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion