Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Honda Beat ESP Kelistrikan Mati Total

Honda Beat ESP Kelistrikan Mati Total

Problem
Pemilik Motor Beat esp berkeluh sistem kelistrikannya mati total, mesin tidak bisa dihidupkan maskipun pakai kick starter. Tapi coba pakai charger accu untuk menghidupkan, ternyata benar bisa hidup tapi kalo charger accu dicabut mesin mati. Kemudian mekanik berpikir, kok bisa ya padahal kan beat pakai capasitor bank yang bisa mengcover arus listrik jika accunya rusak, knapa ini, masak iya kiproknya sedangkan kiproknya jadi satu dengan ECUnya, ( beda dgn beat fi yg tdk esp, yang tidak esp kiproknya berdiri sendiri ),
Solusi
Mekanik berpikir masak iya comp startnya, tapi setelah mekanik coba ganti comp startnya dan hidupkan, ternyata tidak berhasil, berarti comp startnya tidak masalah. Kemudian mekanik coba kabel dari spul dicek satu-satu pakai AVO meter, ternyata benar label warna putih ( untuk charger sistem ) putus, tapi putusnya tidak kentara, karena kabelnya kelihatan utuh tidak putus sama sekali. Setelah mekanik perbaiki dan coba hidupkan pakai kick starter, langsung jreng semua sistem kelistrikan berjalan normal semua, Alhamdulillah pekerjaan dimudahkan lagi sama Allah.

NB : Perlu diwaspadai kabel ties pd kabel dr spul sangat kencang dan sangat kuat dan pada saat motor lewat jalan berlubang kabel ketarik-tarik dan terjadi putus, putusnya bisa langsung kelihatan bisa juag tidak kentara putusnya, mendingan kabel tiesnya dilepas aja biar aman dan longgar gerakanya.

Referensi :
Kasus Wahyu Motor Sidoarjo Jawa Timur yang masuk ke redaksi Auto Champion

Terima kasih


Dadang Auto Champion