Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Mio Karbu Susah Hidup, Jika Hidup Suara Kasar

Mio Karbu Susah Hidup, Jika Hidup Suara Kasar


Problem
Anak kuliah bawa motor Yamaha Mio Karbu, kondisi dituntun dan didorong motornya. Awalnya ingin cari bengkel motor, kebetulan ketemu Saya (Dadang Auto Champion) dan pas bawa kunci lengkap di mobil. Jadi terpanggil untuk menolong. Kondisinya aki sudah tekor tidak bisa untuk nyalakan elektrik starter, adapun kick starter atau engkolnya keras tidak mau gerak. Terpaksa pinjam aki normal untuk fungsikan elektrik starter. Saat dielektrik starter, susah hidupnya, setelah hidup, ternyata suara mesin kasar. Stop!, jangan hidupkan mesin karena ada suara kasar.
Solusi
Langkah pertama langsung cek CVT karena ada kecurigaan kesan suara disitu, sekaligus untuk perbaiki kik starter yang macet, setelah dicek ternyata hanya butuh dikasih oli gigi kick starter agar lebih lancar. Adapun V-belt dan lainya relatif tidak masalah. Langkah berikutnya karena di blok CVT ternyata hanyak kick starter yang kurang lancar, dilumasi oli masalah kick starter beres. Selanjutnya, tap oli mesin khawatir oli habis, ternyata benar saya tap oli mesinya hanya menetes nyaris tanpa oli, setelah dibelikan dan diisi olinya, dicoba kick starter, mesin langsung hidup dan tidak begitu kasar. Beres ga jadi dituntun ke bengkel motor yang jauh.
engkol mio karbu

Kesimpulan
  1. Mesin susah hidup dan bersuara kasar karena olinya habis.
  2. Kick starter berat karena oli habis, dan memang bagian gigi kick starter di blok CVT seret dan dikasih pelumas atau oli lancar.
  3. Kick starter berat juga disebabkan oli habis sehingga gerakan mekanis mesin seret.
  4. Motor Yamaha Mio karbu jika aki tekor tetap bisa hidup dengan dikick starter, bahkan tanpa akipun tetap bisa hidup, lain dengan Mio J injeksi jika aki jebol atau ngedrop tidak bisa hidup.
  5. Setelah Motor dihidupkan dengan kick starter dan aki terisi lagi, baru bisa dielektrik starter.
  6. Jika ada suara kasar jangan dihidupkan lama, langsung cek oli mesin mencukupi atau tidak.
  7. Semua itu tidak terjadi jika perawatan motor rutin dan servis rutin.
  8. Aki cepat tekor karena, berulang-ulang menghidupkan elektrik starter, sementara mesin berat karena tanpa pelumas. Dan motor tidak hidup-hidup.
Terima kasih


Dadang Auto Champion