Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Beat FI Susah Hidup

Beat FI Susah Hidup
beat FI susah hidup

Problem
Motor Injeksi Honda Beat FI tidak mau hidup. Dielectrik stater sampe diengkol juga masih tidak mau hidup.
Solusi
Langkah pertama mekanik adalah cek busi, api kelihatan masih bagus. Kemudian Mekanik cek kompresi, hasilnya agak kurang. Di kepala busi sedikit ada basah oli, Mekanik melakukan scann di DLC-nya tidak menunjukkan MIL tanda sensor injeksi tidak masalah.
Usaha berikutnya…........
Mekanik membongkar ruang bakar dites katup atau valvenya IN & EX menggunakan bensin, ternyata ada sdikit rembesan, kemudian disekur sekalian ganti seal klepnya. Mekanik membuka blok boringnya ternyata ring piston juga tergerus tapi leaner-nya masih bagus relatif tidak ada lukanya, sehingga ring pistonnya. Setelah itu dirakit kembali dan sudah naik kompresinya, pengapian juga bagus. Mekanik coba hidupkan mau hidup Alhamdulillah, tapi tidak mau langsam harus gas tinggi. Sip tinggal finishing.
Terus! jangan menyerah trouble shooting kerusakannya!….
Mekanik kemudian membuka sensor IACV ternyata kotor da npegas pun juga lemah, bersihkan dan pegas ditarik agar mulur sedikit. Kemudian Mekanik pasang lagi, mesin langsung hidupkan, sudah langsam mau sedikit agak tenang (stabil), tapi digas tinggi tidak mau, terasa mbeb,,, mbeb gitu.
Dinginkan suasana dulu jangan ngoyo……., usaha berikutnya...
Mekanik bongkar pompa bensinnya, kemudian dibersihkan sudah bagus, rakit dan pasang lagi, mesin dihidupkan bisa langsam enak gas tinggi . Dicoba bawa jalan digas tinggi masih mbeb,,,, mbeb,,,,.
Usaha terakhir…….
Mekanik sedikit agak putus asa, kerjaan ditinggal sebentar biar fikiran fresh. Setelah itu bongkar lagi pompa bensinnya, ternyata saringan bensinya busanya agak sdikit brodol jadi nyumbat di lubang hisap pompa bensin. Kemudian mekanik bonngkar total pompa bensin dibersihkan dan saringan bensinya disemprot pake carb cleaner sampe putih brsih, coba saya pasang lagi alhamdhulillah masalah beres, langsam enak, digeber gas mentok juga enak. Kesimpulannya trouble shooting motor injeksi memang perlu sabar dan telaten otak atik, semoga sdikit sharing bermanfaat.
Penting :
Khusus terkait saringan pompa bensin motor injeksi sudah masanya ganti pada kilometer yang ditentukan, langsung ganti saja, tidak sekedar dibersihkan.


Terima kasih


Dadang Auto Champion