Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Mengatasi Piston Kaliper Macet

Mengatasi Piston Kaliper Macet


Efek Piston kaliper macet berbahaya, karena bisa mengganggu sistem kerja rem cakram, terlebih jika rem cakram ngancing atau malah rem blong. Selain itu bisa pemasangan dan penggantian jadi lebih susah dan lebih memakan waktu. Ini beberapa usaha yang bisa dilakukan jika mengalami kasus pada sepeda motor dengan piston kalipernya macet :
  1. Putar putar piston kaliper/caliper kekanan dan kekiri. Jika dengan cara ini piston kaliper ditekan dan direm sudah lancar tidak perlu lanjut ke cara ke-2. Jika masih macet, lanjut cara ke-2.
  2. Lepas sekalian piston kalipernya, amplas harus kotoranya, ingat ini hanya untuk menghilangkan kotoran bukan mengamplas pistonya.amplas piston kaliper
  3. Pasang lagi pistonya dan tekan masuk sampai mepet, jika belum bisa mepet, putar-putar sedikit ulangi langkah 1. Setelah itu masalah beres.
Adapun tahapan melepas piston kaliper seperti gambar di bawah ini, tekan terus sampai terlepas :
melepas piston kaliper
amplas piston kaliper
Pengalaman ini kebetulan saya dapati sendiri saat mengganti kampas rem motor Suzuki Spin 125. saat mau dipasang kampas rem yang baru, tidak mau masuk kampasnya karena piston kalipernnya macet.

Terima kasih

Dadang Auto Champion