Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Islam Melarang Jadi Penggangguran

Islam Melarang Jadi Penggangguran
Saudaraku yang semoga dirahmati Allah dimanapun kalian berada, agama Islam tidak mengajurkan pemeluknya meminta-minta, terlebih hanya berpangku tangan. Seseorang yang bekerja dengan niat yang ikhlas karena Allah, apalagi untuk mencukupi diri dan keluarganya dengan cara yang halal termasuk bernilai ibadah kepada Allah.
Fakta membuktikan apabila seorang laki-laki, baik yang masih sendiri, terlebih sudah berstatus suami, apabila tidak bekerja atau menganggur, kehormatan dirinya akan jatuh. Dia tidak akan punya kehormatan di tengah-tengah keluarga dan masyarakatnya. Seorang yang punya banyak warisan sekalipun apabila uangnya tidak diputar atau diinvestasikan di tempat yang halal, tapi pengelolanya menganggur dan malah konsumtif akan bisa habis juga hartanya. Oleh karena itu sekali lagi Islam mengajarkan produktifitas yang bermanfaat.
Bahaya menganggur bagi generasi muda juga sangat merusak, mereka punya kekuatan. Jika kondisi mereka mengganggur, akan muncul efek-efek yang merugikan, diantaranya pikiran negatif, kegiatan sia-sia, mengganggu lingkungan dan bisa menimbulkan kejahatan besar di sebuah negara. Bekerjalah untuk kebaikan dunia dan akherat kita, semoga kita diberi taufiq dan hidayah untuk itu, Amiin.
Mu’awiyyah bin Qurrah Rahimahullahu Ta’aala berkata :
Manusia yang paling banyak hisabnya (perhitunganya) nanti di hari kiamat adalah orang yang sehat banyak menganggur. (tidak menggunakan waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat di dunia dan akherat)
Asy-syaikh Fauzan bin Al Fauzan Hafidzohullah berkata :
Dahulu umar bin al-Khaththab Radhiyallahu anhu biasa memukul orang yang beliau jumpai menganggur, beliau memukulnya dengan cambuk dan menyuruhnya agar berusaha dan mencari rizki.”

Semoga kita terhindar dari bahaya menganggur.

Referensi :
http://www.happyislam.com/2017/02/jangan-engkau-menganggur.html

Terima kasih



Dadang Auto Champion