Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Jika Kunci Motor Hilang

Jika Kunci Motor Hilang
kunci motor hilang

Kasus kehilangan kunci sepeda motor sering terjadi, meskipun sudah ada duplikatnya terkadang kunci duplikat itu tidak mesti dibawa, sehingga tetap harus ada langkah darurat untuk bisa menghidupkan motor. Lebih darurat lagi jika sepeda motor dikunci stang, karena walaupun kita bisa jamper kunci kontak dengan mudah, tapi percumah saja jika kunci stang belum dilepas. Oleh karena itu ini beberapa tips semoga bermanfaat jika kunci anda hilang ;
  1. Kita harus melepas rumah kunci dulu agar tidak terkunci stang, dengan cara bongkar cover body atau tebeng terlebih dahulu, kemudian melepas rumah kunci kontaknya. Untuk melepas kunci rumah kunci kontak ada yang mudah tinggal buka baut pengikatnya, tapi untuk motor semisal Honda Revo FI harus melepas porok juga karena baut rumah kuncinya tertutupi as porok jika mau lepas, jadi bautnya lebih tersembunyi dan melepasnya dengan obeng + diutamakan yang obeng ketok.
  2. Baru setelah itu kita jamper kabel kunci kontak motor agar motor bisa hidup. Cara jampernnya tergantung dari berbagai macam tipe, lebih dalam bisa belajar di Auto Champion Training Centre.
  3. Selanjutnya pesan kunci komplit set/assy (rumah dan kuncinya) baru lagi, jangan dengan seri yang sama. Karena relatif riskan jika kunci sudah hilang apalagi dicuri akan berbahaya jika memang yang diincar nanti motor kita karena mereka sudah mendapatkan kuncinya. Kan bahaya kalo serinya ada yang sama dengan motor kita.
  4. Seandainya minta bantuan tukang kunci, saran saya hanya sementara saja untuk motor jalan, selanjutnya ganti semua, apalagi yang tipe sutter Key yang ada magnetnya, selain mudah rusak lagi jika hanya digandakan di tukang kunci (saya baca di artikel online), selain itu selelahnya tetap kurang aman selama kunci yang hilang tidak ketemu. Kusus kunci pembuka jognya tetap dipakai tidak masalah.
  5. Lengkapi dengan kunci rahasia atau pengaman lainya yang memungkinkan.
Terima kasih


Dadang Auto Champion