Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Atasi Suzuki Spin Brebet dan Stationer Tidak Stabil

Atasi Suzuki Spin Brebet dan Stationer Tidak Stabil

Problem
Motor Matik Suzuki Spin 125 brebet dan tidak stabil dalam kondisi stationer, selain itu jika dihidupkan kadang mau tapi kadang susah hidup. Masih ditambah terkadang suara knalpot nembak-nembak ringan.
Solusi
Pengamatan awal saat susah dihidupkan awalnya saya buka businya, nampak pembakaran kurang sempurna cenderung tidak kering/busi basah pada kondisi tertntu. Tapi pada kondisi yang lain saat sudah dihidupkan, bensin seperti tidak turun ke ruang bakar. Unik dan aneh, kadang kaya keplepek atau kebanyakan bensin, kadang tidak ada bensin yang turun ke ruang bakar. Untuk solusi perbaikan motor total akhirnya kita cek semuanya, salah satunya saya ingin memastikan kondisi ruang bakar atau lebih detailnya ini treatment atau upaya perbaikan kita sampai bagus dan normal :
  1. Buka ruang bakar atau head silinder kemudian setelah pengecekan ternyata katup atau kleb hisapnya bocor halus, akhirnya ganti klep orisinil dan diskur/diskir klepnya sampai rapat meskipun baru (untuk mengkondisikan mapan dan rapat), kemudian dicoba ternyata masalah masih sama. Baca Tips skur klep.
  2. Pastikan kevakuman tidak ada yang mengganggu. Diantaranya dengan memastikan kerapatan sambungan manifold dengan silinder head, saya lem kastol. Dan pastikan sambungan antara manifol dan karbu tersambugn dengan baik. Pada motor suzuki spin sambunganya dari karet jadi pastikan mapan dan plek. Kebetulan pas saya periksa kurang mapan dan plek meskipun sudah nampak kelihatan rapat, tapi pas dilihat secara seksama ternyata kurang mapan dan plek.
  3. Langkah berikutnya buka karburator dan setting pelampungnya, kebetulan bisa stel pelampung karena besi yang mudah diatur. Selain itu bersihkan karburator dan pastikan luban lubang spuyer atau saluran lainya tidak ada yang mampet. Stel stationer dan stelan anginya dengan tlaten. 
  4. Ganti filter udara yang sudah menghitam dan kotor
  5. Ganti oli
  6. Terkusus spin yang susah dihidupkan, aktifkan atau normalkan fungsi cuknya, agar jika susah dihidupkan langsung gunakan cuk.
Dari sekian usaha tadi, motor kembali normal dan terasa lebih halus dan ringan tarikanya. Lebih mudah distarter dan problem di atas bisa teratasi semua.

Terima kasih



Dadang Auto Champion