Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Vario Injeksi 125 Stationer Normal, Tapi Untuk Jalan Brebet

Vario Injeksi 125 Stationer Normal, Tapi Untuk Jalan Brebet

Problem
Mekanik motor Pekalongan Jateng konsultasi. "Boss, kalo Honda Vario 125 injeksi/injection keadaan stasioner atau tidak jalan, hidup normal tapi kalo dibawa jalan brebet apanya ya boss?, terima kasih". Keterangan tambahan, motor buat jalan bisa, tapi ngegasnya harus dikit demi sedikit baru mau,kalo langsung putar gas agak banyak gak mau,kaya bensin telat. Masih tambahan keluhan lagi, jika digas langsung mati. Itu gambaran berbagai kondisi saat digas.

Solusi
Mekanik motor sempat mengukur standar tekanan pompa injeksi. Hasil pengukuran hanya 35 psi, sementara standarnya sekitar 43 psi (standar : 3kg/cm2/43psi/294kpa). Pengukuran tersebut masih ada 2 kemungkinan, pengukuran benar pompanya rusak, atau pengukuran salah karena alat tidak presisi. Langsung saya sarankan pinjam pompa motor lain dulu yang sama tipe dan mereknya. Keterangan mekanik “Pas saya coba tukar pompanya masih tetep gak ada perubahan,begitu juga yg satunya (motor normal), saya pasang pompa motor yg bermasalah gak ngaruh juga tetep jalan normal gak brebet”. Dari keterangan tersebut disimpulkan pompa tidak ada masalah, berarti alat ukur pompa bensinya yang sudah tidak presisi.


Beberapa treatment atau upaya perbaikan sudah dilakukan. Diantaranya bersihkan injektor, cek dengan scanner honda. Saat injektor dibersihkan juga tidak kotor, dicoba juga tidak ada pengaruh. Kemudian sempat mekanik motor mas Kadarum Pekalongan konsultasi teknis dengan Dadang Auto Champion, sempat saya sarankan ganti busi juga (pent: awalnya beli di toko biasa dikasih busi non injeksi, tapi akhirnya beli di AHASS agar dapar orisinil bawaanya), setelah ganti busi, ada perubahan, hanya tinggal sedikit penyakitnya brebet saat angkatan. Perbaikan selanjutnya manifold intake dilepas dan Throttle body dibersihkan dengan carburator cleaner (bisa juga untuk bersihkan throttle injector). Setelah ditest motor jadi normal, beres.

Referensi :
Kasus Motor Injeksi Bengkel Pekalongan yang konsultasi ke Auto Champion. 


Terima kasih




Dadang Auto Championn