Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Subtitusi Kampas Kopling Suzuki Nex Untuk Skutik/Matik Lain

Subtitusi Kampas Kopling Suzuki Nex Untuk Skutik/Matik Lain

kampas kopling yamaha mio dan suzuki nex

Bengkel motor yang bisa memberikan alternatif harga bagi konsumenya akan punya nilai plus tersendiri. Diantaranya menyediakan sparepart dengan berbagai tingkatan kualitas baik yang orisinil maupun KW. Selain itu, memberikan solusi subtitusi atau pertukaran spare part (swap spare part) dengan harga yang relatif miring dan hemat tapi tetap berkualitas orisinil semakin menambah daya tarik konsumen bengkel.

Seperti kasus di bawah ini. Honda beat atau Yamaha Mio yang sudah tidak responsif tarikanya diantara yang perlu dicurigai rusak adalah kampas kopling centrifugalnya. Jika kampas kopling motor matik tersebut rusak, harus diganti. Kampas kopling kedua motor tersebut lumayan harganya. Untuk Yamaha mio dibanderol sekirtar 234 ribu, adapun Honda Beat seharga kurang lebih 123 ribu. Kedua motor tersebut bisa disubtitusi dengan miliknya Suzuki Nex yang harganya hanya 115 ribu. khusus yamaha mio (kode mesin 5TL) lumayan bisa penghematan sekitar 119 ribu sendiri.

Untuk pemasanganya gak bisa langsung, pasang 1 set atau assy semua, tapi hanya diambil kampas koplingnya saja, adapun dudukanya tidak bisa dipasang. Sehingga dudukanya tetap pakai milik yamaha Mio atau Honda Beat bawaanya. Bagi yang punya kasus yang sama silakan mencoba solusi alternatif hemat tersebut, meski demikian saat membeli pastikan bawa partnya dan periksa dulu detail kesamaanya


Referensi :
Rubrik Ototips, majalah edisi 37 XXVI 02-08 Februari 2017.


Terima kasih


Dadang Auto Champion