Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Honda CB150R Tidak Nyala dan Tekanan Pompa Injeksi Rendah

Honda CB150R Tidak Nyala dan Tekanan Pompa Injeksi Rendah


Keahliah harus selalu dilatih dan diasah, tidak jarang orang yang awalnya mahir, bahkan berprestasi, akan tetapi kurang latihan dan terasah, akan kurang ilmunya dan lemah skillnya. Namun sebaliknya orang yang awalnya biasa saja tapi kemudian konsisten latihan dan banyak bertanya dan konsultasi dengan orang yang lebih tahu, akan cepat perkembanganya.

Saya memberi apresiasi murid saya dari Makasar yang setelah kursus berusaha untuk mengasah ilmunya dengan memperbaiki dan trouble shooting motor, meski baru dari kalangan orang terdekat, entah saudara, relasi atau teman. Seperti sharing dibawah ini saat dia memperbaiki motor injeksi Honda CB 150 R sambil konsultasi ke Auto Champion.

Problem
Motor injeksi Honda CB150 R distater tidak mau nyala. Aki tegangannya 12 V kondisi baik. Dicek dengan scanner injeksi Honda semua normal. Tapi pas bukaan gas setengah ke atas malah turun rpmnya.

Solusi

Beberapa treatment atau perlakuan perbaikan motor yang sudah dilakukan diantaranya :

  1. Membersihkan injektornya.
  2. Mengukur tekanan pompa, ternyata tidak ideal hanya 100kpa, itu problemnya tekannya sangat rendah. Standarnya sekitar 294kpa.
  3. Ganti Busi, belum kelihatan signifikan.
  4. Membersihkan sistem pompa injeksi, menguras tangki dan membersihkan dari air yang masuk tangki CB 150 R. Tidak signifikan juga.Dicek seksama, ketemu sumber kerusakanya, hanya tekanan bahan bakar di pompa injeksi memang tidak normal. Dibersihkan dan dikuras airnya maximalnya hanya 100kpa. Dengan begitu kesimpulanya ganti pompa assy, harganya prediksi 500 ribu. Tapi ternyata setelah dicek detail kerusakanya hanya ada di rotor fuel pump injeksinya, dan ternyata tidak harus beli pompa injeksi assy, hanya beli rotor fuel pump injeksinya saja, harganya terjangkau hanya 135 ribu. Setelah diganti rotor fuelpumpnya motor bisa normal kembali.


Yang perlu dicermati :

Honda CB 150 R keluaran pertama tahun 2013 menurut murid saya tadi setelah cari referensi di internet, ternyata kelemahanya disebabkan oleh tutup tangkinya yang mudah kemasukan air. Air inilah yang bisa merusak sistem pompa di dalamnya, termasuk rotor fuel pumpnya. Selain itu dengan kemasukan air otomatis susah dihidupkan.

rotor fuel pump

tekanan pompa injeksi rendah


Referensi : Bengkel siswa Makasar yang konsultasi ke Auto Champion Training Center



Terima kasih



Dadang Auto Champion