Teknik Menyambung Kabel Putus
Teknik
Menyambung Kabel Putus
Menyambung
kabel putus bukan hal asing lagi bagi mekanik motor, baik itu pada
motor karburator terlebih motor injeksi/injection. Meski menyambung
kabel putus sudah kebiasaan mekanik motor, akan tetapi seperti apa
sih menyambung kabel yang benar dan baik bagi rangkaian?. Agar kita
tidak melakukan kesalahan dan terpenting motor mendapatkan perlakuan
terbaiknya dari mekanik.
Penyambungan
yang biasa dilakukan oleh mekanik motor yaitu dengan menyambung kabel
langsung, diuntir dan dilapisi isolasi, disolder dan dilapisi
isolasi, dan disekun dan dilapisi isolasi. Ini uraianya :
1.
Sambung langsung dan diisolasi. Ini kelemahanya memang tidak kuat
hanya main cepat saja, menurut saya sebisa mungkin dihindari kecuali
kepepet.
2.
Sambung dengan sekun dan diisolasi. Menurut saya ini bagus, kuat dan
saya rekomendasikan, lebih cepat dan untuk antisipasi dari korosi
dilapisi perapat lagi.
3.
Sambung dengan soldir dan diisolasi. Ini juga kuat, tapi peralatan
tidak simpel dan praktis.
Jadi
pilihanya menurut saya antara solder dan sekun, keduanya kuat, teman saya malah pilih sekun karena saat lomba mekanik motor disarankan sambung pake sekun. Pasca
disambung dilapisi isolasi atau plastik, kemudian dibakar (untuk yang
dibakar lihat sikon, pastikan aman, jika tidak, hanya isolasi saja
tanpa dibakar) agar lebih rapat. Untuk pilihan mana yang terbaik
kondisional saja silakan anda pilih sendiri.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion