Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Motor Injeksi Mio J Seperti Kehabisan Bensin

Motor Injeksi Mio J Seperti Kehabisan Bensin
Problem
Rabu siang mendadak ada yang minta service injeksi/injection Yamaha Mio J. Gejala kerusakanya kalo gas ditarik tiba- tiba motor seperti kehabisan bensin. Pas gas di plintir atau di hentak-hentak, mesin langsung mati.

Solusi
Awal-awal biasa saya konsultasi ke pak Dadang (Auto Champion Training Centre) terkait masalah tersebut. Beliau sarankan cek tekanan fuel pumpnya dengan fuel pump pressure gauge. Hanya saya bingung soalnya belum punya alat untuk mengecek tekanan bensin atau tekanan injeksi, untung ada motor X-Ride, kemudian saya coba bandingkan semprotan bensinnya dengan melepas selang yang menuju ke injektornya, pas saya bandingkan ternyata X-Ride lebih lama semprotanya dibanding motor Mio J. Awal-awal saya simpulkn penyakitnya memang gejala fuelpumpnya lemah.

Saya penasaran apa memang fuelpumnya atau gejala lainnya. Kemudian saya coba kuras tangki, ganti bensin baru, terus filter fuelpumnya saya bersihkan dengan carbu cleaner, kemudian saya coba lagi, eh ternyata masih belum hilang pnyakitnya. Saya masih penasaran apa memang fuelpumnya.Kemudian saya iseng-seng gunting/sobek lapisan filter fuelpumnya isinya klo g salah ad 3 lapisan, kemmudian saya kurangi, jadi sisa 1 lapisan terus di jahit. Saya coba lagi eh ga sangka motor sembuh. Makasih saranya pak sangat membantu. Tapi itu cara darurat ya. Cara patennya baca catatan penting di bawah.

Catatan penting :
  1. Gunakan alat Fuel Pump Pressure Gauge pada kasus tersebut.
  2. Ganti filter/saringan pompa injeksi, jika tidak boleh hanya saringanya, berarti ganti pompa injeksi full set.
  3. Jika hanya dibersihkan, hanya bersifat sementara dan solusi darurat saja. Sewaktu-waktu bisa kambuh lagi.
Referensi :
Kasus motor dari Ujang Motor Indramayu Jawa Barat yang masuk ke redaksi Auto Champion dan konsultasi dengan kami.

Terima kasih



Dadang Auto Champion