Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Bengkel Injeksi

Motor Injeksi Honda CB 150 R Brebet Antara 5000-6000 RPM

Motor Injeksi Honda CB 150 R Brebet Antara 5000-6000 RPM

kasus Honda CB 150 R brebet

Tanggal 7 januari 2017 seorang teman membawa motor Honda CB150R Fuel Injeksi untuk diservice motornya, proses service motor dilakukan seperti biasa, yaitu membersihkan injektor, membersihkan throtle body, cek rem depan dan belakang, cek tekanan angin pada ban, dan juga setel kekencangan rantai, dan terakhir dilakukan pengecekan menggunakan tool injeksi (scanner Injeksi). proses diatas dilakukan tanpa kendala.


Keesokan harinya teman saya tersebut mengeluh bahwa motornya jadi ndut-ndutan (brebet). Setelah dilakukan pengecekan ulang diketahui kalau gejala brebet tersebut terjadi saat motor digas antara 5000-6000 rpm (ini bisa terjadi karena awam dengan kondisi sepeda motor, jadi menggambarkan performa motor kurang detail). Kalau di rpm tinggi brebet tidak terasa, langkah yang dilakukan mencoba ganti busi baru, lepas filter udara tetapi hasilnya nihil, motor masih brebet. Karena pada service sebelumnya tidak dilakukan pengecekan tekanan fuel pump, akhirnya diputuskan untuk mengukur tekanan menggunakan alat "fuel pump pressure gauge" dan hasilnya tekanan ada di 280kpa (tekanan normal 294kpa) itu sudah mulai tidak ideal tekananya. Meskipun begitu masih ada 2 kemungkinan saat ukur tekanan pompa bensin, yaitu alat tidak presisi atau memang pompanya sudah mulai melemah.

Dua hari kemudian saya mencoba menghubungi pak Dadang. beliau bersama pak Ishan adalah instruktur saya saat mengikuti pelatihan mekanik motor di Auto Champion Yogyakarta. Menurut pak Dadang, penyebab brebet itu disebabkan karena fuel pump sudah tidak normal karena saat pengukuran tekanan hanya 280kpa. Beliau menyarankan mengganti fuel pump baru atau pinjam dari motor lain dulu untuk uji coba. Karena kebetulan harga fuel pump Honda CB 150 R masih terbilang mahal, akhirnya penggantian terpaksa dipending terlebih dahulu. Selain itu pak dadang juga menyarankan untuk cek kondisi filter udara dan kerenggangan Busi.

Tadi siang tanggal 12 Januari 2017 iseng-iseng mau mencoba cek kerenggan busi, ternyata setelah diamati cop busi sudah berkerak. Selanjutnya membersihkan kerak tersebut dengan carb cleaner. Cop busi pasang kembali dengan busi yang lama dan motor coba dihidupkan, Alhamdulillah brebetnya hilang.


Pent : Pastikan pengukuran tekanan bensin motor injeksi, apa memang ukuranya segitu atau alatnya kurang presisi. Jika benar ukuran memang sekitar 280kpa berarti mulai diwaspadai

Referensi :
Kasus bengkel motor Surya Motor Banjar Negara Jawa Tengah (Mekanik Motornya Nur Fauzi, Depan Alun-alun Banjarnegara.

Terima kasih



Dadang Auto Champion