Motor Injeksi Honda CB 150 R Brebet Antara 5000-6000 RPM
Motor
Injeksi Honda CB 150 R Brebet Antara 5000-6000 RPM
Tanggal
7 januari 2017 seorang teman membawa motor Honda CB150R Fuel Injeksi
untuk diservice motornya,
proses service motor
dilakukan seperti biasa, yaitu membersihkan injektor, membersihkan
throtle
body,
cek rem depan dan belakang, cek tekanan angin pada ban, dan juga
setel kekencangan rantai, dan terakhir dilakukan pengecekan
menggunakan tool injeksi (scanner Injeksi). proses diatas dilakukan
tanpa kendala.
Keesokan harinya teman saya tersebut mengeluh
bahwa motornya jadi ndut-ndutan (brebet). Setelah dilakukan
pengecekan ulang diketahui kalau gejala brebet tersebut terjadi saat
motor digas antara 5000-6000 rpm (ini bisa terjadi karena awam
dengan kondisi sepeda motor, jadi menggambarkan performa motor
kurang detail). Kalau di rpm tinggi brebet tidak terasa, langkah
yang dilakukan mencoba ganti busi baru, lepas filter udara tetapi
hasilnya nihil, motor masih brebet. Karena pada service sebelumnya
tidak dilakukan pengecekan tekanan fuel pump, akhirnya diputuskan
untuk mengukur tekanan menggunakan alat "fuel pump pressure
gauge" dan hasilnya tekanan ada di 280kpa (tekanan normal
294kpa) itu sudah mulai tidak ideal tekananya. Meskipun
begitu masih ada 2 kemungkinan saat
ukur tekanan pompa bensin,
yaitu
alat tidak presisi atau memang pompanya sudah mulai melemah.
Dua
hari kemudian saya mencoba menghubungi pak Dadang. beliau bersama
pak Ishan adalah instruktur saya saat mengikuti pelatihan mekanik
motor di Auto Champion Yogyakarta. Menurut
pak Dadang, penyebab brebet itu disebabkan karena fuel pump sudah
tidak normal karena saat pengukuran tekanan hanya 280kpa. Beliau
menyarankan mengganti fuel pump baru atau pinjam dari motor lain
dulu
untuk uji coba.
Karena
kebetulan harga fuel pump Honda CB 150 R masih terbilang mahal,
akhirnya penggantian terpaksa dipending terlebih dahulu. Selain itu
pak dadang juga menyarankan untuk cek kondisi filter udara dan
kerenggangan Busi.
Tadi siang tanggal 12 Januari 2017
iseng-iseng mau mencoba cek kerenggan busi, ternyata setelah diamati
cop busi sudah berkerak. Selanjutnya membersihkan kerak tersebut
dengan carb cleaner. Cop busi pasang kembali dengan busi yang lama
dan motor coba dihidupkan, Alhamdulillah brebetnya hilang.
Pent
: Pastikan pengukuran tekanan bensin motor injeksi, apa memang
ukuranya segitu atau alatnya kurang presisi. Jika benar ukuran
memang sekitar 280kpa berarti mulai diwaspadai
Referensi
:
Kasus
bengkel motor Surya Motor Banjar Negara Jawa Tengah (Mekanik
Motornya Nur Fauzi, Depan Alun-alun Banjarnegara.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion