Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Metal Jalan Kawasaki Ninja 250 FI Kocak, Solusinya?

Metal Jalan Kawasaki Ninja 250 FI Kocak, Solusinya?

Kruk as ninja 250 FI

metal jalan ninja 250 FI


Kerusakan metal jalan kasawaki Ninja 250 FI termasuk sering terjadi, ini terjadi ada beberapa sebab, umur mesin ataupun pola pemakaian. Uniknya berdasarkan penuturan mekanik kawasaki, kerusakan metal jalan terparah dialami pada piston nomor 1 (mungkin logikanya piston start, firing no 1 sehingga bebanya lebih berat). Lokasi Metal jalanya piston 1 mendekati as magnet. Meskipun seandainya anda dapati pengecekan yang rusak hanya metal jalan piston no 1 saja, tapi kalo menurut saya penggantian terbaiknya adalah sekalian kedua metal jalan diganti.
Pengalaman yang teman saya alami, dia telat antisipasi. Seharusnya mulai terdengar bunyi (dan getaran juga pasti akan dirasakan), langsung secepatnya dioverhaul (turun mesin) dan diganti, jangan malah nekat dipakai atau malah di kentheske (red jawa: artinya bleyer bleyerke kasar pemakaiannya. Jika telat, atau kasep (red-jawa), bukan hanya metal jalan saja yang diganti, tapi komponen lainya dan lebih mahal lagi, karena kemungkinan kena stang sekernya atau as kruk asnya lebih besar. Berikut ini solusi jika metal jalan rusak, ada 2 kondisi :
  1. Kerusakan metal ringan. Kerusakan hanya terjadi di metal jalanya saja, tidak merembet ke stang seker ataupun as kruk asnya. Cukup ganti metal jalan beres masalah.
  2. Kerusakan metal berat. Ini suaranya biasanya juga sudah parah, biasanya merembet sampai stang seker dan as krukasnya lukanya. Ini yang solusinya mahal. Yaitu ganti kruk as seharga 5 juta, ganti stang seker harga satuanya 1 juta (ganti keduanya jadi 2 juta) berikut metal jalanya kurang lebih 90 ribu - 110 ribu, belum perlengkapan lainya. Jika ingin murah bawa saja ke tukang bubut, dioversize dan minta dibuatkan metalnya, pastikan cari tempat yang bisa, 2 tempat hanya 500 ribu sudah sama metalnya, tentu saja kekuatan dan kualitasnya tidak sebagaimana orisinil kalau anda ganti kruk as dan stang seker orisinil kawasaki. Tapi itu solusi yang kompromistis, bermanfaat bagi sisi penghematan.
Demikian tips ringan ini. Semoga bermanfaat.


Terima kasih


Dadang Auto Champion