Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Honda Vario 125 Injeksi Tiba-Tiba Drop Saat Asselerasi

Honda Vario 125 Injeksi, Tiba-Tiba Drop Saat Asselerasi

Problem
Mekanik Motor Blora, mas Teguh, konsultasi. Ada problem pak, tentang Honda Vario 125 Injeksi. Kalo suhu mesin kurang dari 40 derajat celcius, mesin enak dan rpm stasioner bisa 1600 dan gas mesin kecepatan stabil. Tapi, kalo suhu mesin menunjukkan lebih dari 50 derajat celsius, gas kalo kecepatan 60km/jam langsung drop, rpm stasioner malah kurang dari 1400 rpm solusinya apa pak?. Pembacaan tadi ketika dibaca dengan alat scanner, dan pembacaan pemajuan pengapianpun saat stasioner tidak ideal.
Beda halnya, ketika dirasakan dengan ride and feel (kendarai dan rasakan), performa mesin saat putaran tinggi, tanpa melorot gas, tiba-tiba drop, gak stabil dan tidak rata, putaran mesin tidak mengikuti putaran gas pada waktu tertentu.
Solusi
Karena konsultasi by phone, akhirnya saya tembak penyakitnya lewat komunikasi jarak jauh, dari gejala yang diceritakan. Seperti pembacaan analisa dengan scanner, cek tekanan bahan bakar, ada kabel yang rusak tidak, cek sistem pengapian termasuk koil, dan lain-lain. Dan dari berbagai treatment tadi, mengerucut ke busi, kondisi businya walaupun kelihatan ada apinya, ternyata setelah diganti dengan busi yang orisinil Honda Vario, merk AHM produk Denso yang ada kode R-nya semua masalah hilang.

Sumber gambar : kilaubiru.wordpress.com, sudah saya modif dan dikasih watermark auto champion


Terima kasih



Dadang Auto Champion