Solusi Motor Matik Getar
Solusi
Motor Matik Getar
Ciri
khas masing masing bengkel motor beda-beda. Ada yang dalam menangani
kasusnya terpaku pada cara standar pabrikan, tidak neko-neko dan
memang relatif aman bagi standar garansi motor. Ada yang menerapkan
keduanya, baik standar ataupun semi modifikasi ataupun memang ada
request dari pelanggan yang ingin motornya diperlakukan sedemikian
rupa untuk tujuan tertentu.
Seperti
yang dilakukan mekanik motor sekaligus pemilik bengkel pak Hasan ini.
Untuk mengatasi motor matik bergetar cara melubangi mangkok kopling
centrifugal yang ada di blog CVT kerap dilakukan, motor
yang pernah ditreatmen diantaranya Vario 125, Vario 150 dan PCX,
bahkan terkadang memang customer atau pelangganya yang meminta. Soal
ada tidaknya efek sampingnya saya sendiri kurang tahu, tapi
menurutnya, dari yang pelanggan rasakan,
bisa mengatasi problem tersebut. Meskipun
cara tersebut bisa jadi
menyebabkan garansi mesin dari pabrikan bisa ditinjau ulang. Logika
melakukan pelubangan pada mangkok kopling centrifugal di CVT tersebut
adalah katanya permukaan mangkok gampang licin dan untuk membuang
kotoran sekaligus daya cengkram awal start.
Proses
melubanginya pak Hasan diserahkan ke rekanan, agar tidak mleset
karena mata bornya juga tertentu ukuranya agar relatif tidak merusak
fungsi, pak hasan mematok pas 5,5 mm mata bornya tidak
menggunakan bor tangan biasa, karena gak sanggup yang demikian.
Katanya di atas ukuran itu boros kampas gandanya juga.
Itu
sekilas ragam penanganan mekanik motor dalam melayani customernya.
Prinsipnya semua kembali kepada konsumen masing-masing pilih yang
mana, toh motor mereka. Dan terpenting soal safety/keselamatan
pengendara harus jadi pertimbangan utama. Dan perlu dijelaskan pula
apabila ada efek samping dari sebuah treatment untuk mencapai tujuan
kenyamanan berkendara.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion