Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

ECU/ECM Motor Injeksi Beat FI Konslet

ECU/ECM Motor Injeksi Beat FI Konslet
ecu/ecm konslet

Problem
Motor Injeksi beat FI model terbaru sudah ESP dan ada panel ECOnya macet. Kronologisnya, pemakai waktu mau berangkat kerja, motor distarter gak mau nyala, lampu check engine kedi-kedip. di bawah motor ada serpihan bekas serabut kabel yang digigit tikus. Petunjuk awal yang baik, tikus lagi tikus lagi.
Solusi
Saya (mekanik bernama Alfiansyah) scann DTC Menunjukan Injeksi gagal, lalu saya perbaiki kabel injectnya, DTC pun hilang. Kemudian motor saya starter ternyata masih ga mau nyala, dicek pengapian, ternyata pengapiannya tidak ada. Ternyata bukan kabel inject saja yg digigit tikus, masih ada kabel yang lain yang putus, yaitu bagian bawah motor, kabel koil kuning strip biru dan kabel arus positif dari kunci kontak hitam strip putih putus juga. Setelah diperbaiki, dan motor saya starter dan ternyata masih tidak ada ada apinya juga.
Usaha berikutnya……...
Saya periksa bagian fuel pump, ternyata fuel pump tidak berfungsi, saya check bagian kabelnya ternyata masih bagus, lalu sy check sekringnya, ternyata benar sekringnya putus, langsung ganti sekering. Kemudian motor kembali saya starter ternyata masih juga ga ada apinyanya. Dan yang membuat saya heran adalah kenapa koilnya kok jadi panas, apakah masih ada kabel yg konslet?,kemudian saya check dan ternyata memang sudah tidak ada lagi kabel yang konslet ataupun digigit tikus. Saya ga putus asa,lalu saya coba pake koil motor Beat FI saya (sudah ESP tapi belum ada panel ECO), ternyata hasilnya nihil, koil sayapun menjadi panas juga.
sekering fuel pump mati
Lanjut lagi belum ketemu………..
Saya lama termenung dan berdiam diri, apakah gerangan yang membuat koil panas dan motor ga da apinya. Kemudian saya memberanikan diri untuk mencobanya dengan ECU motor saya, Beat FI juga (sudah ESP juga tapi belum ada panel ECOnya), dan hasilnya motor langsung nyala, ternyata ECUnya yang sudah konslet (harus diganti). Itulah penyebab motor tidak ada pengapiannya.
kode part ECU/ECM

Akhirnya saya beli toko sparepart dan bertanya apakah stock ECU yang saya maksud (Beat FI yang sudah ESP dan ada panel ECOnya) ada?, ternyata ECU yang saya maksud harus tunggu berbulan-bulan. Lalu saya berpikir bagaimana kalo pakai ECU seperti motor beat saya, memang beda fitur dan beda kode part nya tapi dicolokan sama, dan ternyata pas ada stok seharga 1,4 juta. Kemudian saya konfirmasi dengan yang punya motor, lalu dia pun menyutujuinya dan barang pun saya beli, setelah dipasang, motor bisa hidup, hanya saja kelemahanya ECO tidak nyala, mungkin karena beda kode dan fiturnya, tapi toh disetujuai pemiliknya, daripada nunggu berbulan bulan sparepartnya. Idealnya tetap ganti yang orisinil yang sesuai dengan kodepartnya.
economic riding mode

Referensi :
Kasus motor yang perbaiki di bengkel Alfiansyah Cengkareng dekat bandara Soetta, masuk ke redaksi Auto Champion, artikel sudah dimodif untuk penyelarasan.
Terima kasih

Dadang Auto Champion