Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Solusi Motor Injeksi Mogok Karena Kejebur Kali

Solusi Motor Injeksi Mogok Karena Kejebur Kali

motor injeksi kemasukan air


Problem
Motor injeksi mogok gara-gara kejebur kali, motor tersebut adalah yamaha injeksi Mio J, karena terbentur biaya dan takut mahal ke dealer, akhirnya kebablasan gak dipake hampir sebulan. Setelah ada uang baru ke bengkel kami.
Solusi
Langsung motor dicek up dan kondisinya benar-benar parah, cuma untung ECUnya gak rusak. Lampu MIL (lampu indikator kerusakan injeksi) berkedip 60x, pas d cek pake scanner terbaca ada 4 kode yang eror =15,16,39,46. Kemudian sensor-sensor injeksi yg terindikasi rusak dicek dan dibersihkan dengan carbu cleaner,throtle body dibongkar dan dibersihkan, setelah itu rakit kembali dan ganti aki baru. Saat kunci di Onkan, motor tetap gak mau nyala padahal sensor-sensor injeksi sudah benar dan MIL tidak berkedip lagi. Langkah selanjutnya saya cek fuel pump, ternyata ada endapan mirip lumpur di dalam tangki bensin. Saya coba bersihkan dan coba lagi ternyata masih belum bisa hidup.
Konsultasi dengan Dadang Auto Champion.........
Setelah saya konsultasi ke pak Dadang tetang masalah tersebut langsung saya cek ulang semua komponen injeksi dan sensor-sensor injeksi termasuk indikasi fuel pump yg mungkin rusak. Dan Alhmdulilah motor nyala ternyata, setelah ganti aki, ganti fuel pump. Adapun throttel body, soket-soket sensor dan tangki, smuanya dibersihkan dan reset ulang ECM/ECU. Akhirnya motor yang bekas kejebur di kali normal lagi...terima kasih pak Dadang sarannya.
Referensi :
Kasus Motor Injeksi kecemplung sungai, Ahyadi bengkel Ujang Motor Indramayu-Jawa Barat.



Terima kasih



Dadang Auto Champion