Motor Injeksi Mati Jika Standar Dilepas
Motor
Injeksi Mati Jika Standar Dilepas
Problem
Kasus
Motor Injeksi Mio Soul GT jika distandar 2 mau hidup, tapi ketika mau
jalan mesin langsung mati. Lampu MIL tidak ada yang nyala, ini
pertanda sistem injeksi tidak ada masalah.
Solusi
Pertama
bongkar batere lalu lepas jok, cek semua sambungan kabel mungkin ada
yang lepas atau putus, ternyata gak ada masalah. Lalu coba pasang aki
dan coba dinyalain (masih standar 2) mesin langsung nyala, tapi
ketika begel belakang ditekan roda depan terangkat, mesin langsung
mati, begitu terus, mesin dinyalakan mau hidup tapi ketika tangki
bensin digoyang goyang, mesin langsung mati (mungkin di dalam tangki
ada konsleting kabel, dugaan sementara)
Langkah
berikutnya, bongkar tangki, lepas slang bensin, konektor kabel
pelampung sama pompa juga dilepas, lepas 4 baut dudukan pelampung dan
pompa bensin dengan kunci T10, setelah dibongkar ini wujudnya (gambar
terlampir). Kemudian lepaskan semua bagian dan bersihkan dengan
injector/injektor cleaner atau engine cleaner, setelah selsesai
semprot dengan angin sampai benar benar bersih (habis 1/2 liter
pertalit buat bersihkan semua bagian sampai benar benar bersih)
Langkah
terakhir, finishing.............
Setelah
itu rangkai kembali, lalu lakukan tes awal lepas selang yang menempel
di injector/injektor, sediakan ember kecil untuk menampung bensin
dari tangki, kunci kontak ON maka bensin akan keluar, pertama masih
belum lancar, lakukan beberapa kali sampai bensin yang keluar benar
benar lancar. Langkah selanjutnya, lepas injektor lalu bersihkan
dengan alat injektor/injector cleaner dan tester, setelah bersih,
pasang injector dan selang dari pompa lalu coba hidupkan mesin, jreng
mesin langsung nyala, motor digoyang-goyang dan mesin tetap hidup
stabil. Satu pelajaran berharga mudah mudahan bermanfaat, jika
teman-teman mengalami hal yang sama.
Intinya
hanya pompa kotor, saking banyaknya kotoran juga ada di dalam pompa,
jadi kadang pompa gak maksimal (aliran bahan bakarnya
tersendat-sendat) itu yang bikin bahan bakar ke Injector kadang ada,
kadang hilang. Termasuk penyebabnya, kebetulan motor starter rusak,
jadi menghidupkanya dengan diengkol dan standar 2, itu menyebabkan
kotoran ditangki rontok dan mengganggu kinerja pompa.
Referensi
:
Kasus
Puji Motor Tekno Purbalingga Jawa Tengah yang masuk ke redaksi Auto
Champion dengan seleksi.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion