Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Motor Injeksi Macet Sensor TP Error, Ganti Throttle Body!

Motor Injeksi Macet Sensor TP Error, Ganti Throttle Body!


sensor TP

Honda Injeksi/Injection Supra X Helm in ga ada apinya. Kemudian dicek dengan alat scanner Honda Injeksi HIDS/ HD30, tapi DTC tidak terdeteksi. Mekanik motor (Alfiansyah) berasumsi mungkin kabel bodynya ada yang putus di tengah ataupun hubungan singkat, cek dan ricek ternyata kabel gak ada masalah, lalu saya scann lagi, yang membuat Mekanik bingung, kenapa nilai sensor Throttle position (TP) menunjukkan nilai 70,0 derajat dan ditarik gas menjadi 89,0 derajat dan teganganya pun menunjukkan 4,765 volt, lalu disinilah kemampuan saya diuji. Data awal yang baik.
Akhirnya Mekanik motor sharing dengan teman yang ahli dalam menangani motor injection/injeksi, terkusus motor honda karena beliau training langsung di Honda. Teman mekanik yang ahli tersebut menyarankan untuk melihat standar nilainya, dan persis data awal hanya nilai sensor TP dan teganganya yang diluar nilai standarnya. Sehingga disimpulkan TP (Throttle Position) yang ada di Throtlle body sudah error, lalu Mekanik motor membuka TP dan berusaha seting, ternyata hasilnya nihil. Sekilas mekanik motor masih ragu, masak sih iya ensor TP yang error efeknya gak ada apinya, dia kan cuma buat ngatur langsamnya doang. Tapi setelah temanya mekanik memberi penjelasan bahwasanya dulu pernah mengalami kasus motor Honda Revo injection/injeksi TPnya menunjukkan 12 derajat dan sudah ga bisa distel lagi, lalu diganti TPnya, nilainya standar lagi 0,0 derajat, dan distarter ada apinya dan hidup normal.
Penjelasan teman mekanik motor (Alfiansyah) Terkait pengaruh Thottle Posision sensor dengan busi tidak menyala apinya.
TP error motor ga ada api di busi, Jadi begini, sensor TP itu mempengaruhi pick up pulsar atau ADV yang membuat nilai ADV tidak standar lagi waktu dibaca ECM, jadinya motor ga ada apinya, karena nilai TP error dan pickup pun tidak mengirimkan sinyal nilai yang standart yang dibaca sama EMC, karena nilainya ga standart makanya ECM ga ngebaca dan ga mengirimkan stroom ke koil.
Solusi
Ternyata sensor TP yang error harus diganti satu set dengan throtlle body, harganya jadi 380 ribu. Setelah dipasang dan distarter alhamdulillah ada apinya, mekanik motor pasang busi dan motorpun nyala seperti sedia kala.
throttle body
Throttle body

Referensi :
Korensponden kasus motor injeksi/injection dari Mekanik Motor Alfiansyah yang masuk ke redaksi Auto Champion Training Centre.
Jika ada masukan kritik dan saran silakan ke amanahilmiah@yahoo.co.id



Terima kasih




Dadang Auto Champion