Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Motor Honda kharisma Mogok, Unik Trouble Shoot

Motor Honda kharisma Mogok, Unik Trouble Shoot
coil motor honda kharisma
Ilustrasi gambar diambil dari buka lapak


Pengalaman dari mekanik Sembako motor.
Problem
Pemeriksaan motor menunjukkan kompresi oke, bensi oke, api ok, busi diperiksa juga ok. Saat diengkol, percikan bunga api dari kabel coi ljuga besar, tapi motor belum juga dapat dihidupkan. Kadang-kadang waktu diengkol terjadi suara ledakan di knalpot. Karburator juga sudah coba diperiksa dan dibersihkan tidak ada masalah juga.
Solusi
Kebetulan di bengkel motor tersebut menujal aneka spare part. Saat ada 2 mekanik motor berniat membeli spare part di situ, saya manfaatkan untuk tanya mereka. Ternyata 2 orang mekanik motor tersebut juga belum menemukan solusi, mekanik ahass yang ditanya juga belum bisa menemukan solusi.
Usaha berikutnya,.........
Motor Saya coba engkol sambil ditutup venturi karburatornya pakai tangan, malah terjadi ledakan seperti keluar api dari karburator. Setelah diotak-atik selama kurang lebih 3 jam, saya coba sedikit bensin lalu saya bakar (untuk sekedar menguji kualitas bensin, ingat pastikan aman!), ternyata bensinya juga tidak ada masalah. Nah sampai di situ, saya coba tukar CDI, coil pengapian dan regulatornya pakai kepunyaan supra x 125 versi karburator kebetulan sama. Setelah terpasang jalurnya benar, coba saya hidupkan tuh mesin. Sekali engkol jreng.
Usut punya usut ternyata coilnya yang bermasalah, kejadian serupa juga pernah terjadi pada yamaha alfa.
Referensi :
Pengalaman mas Sulis mekanik motor sekaligus murid Auto Champion asal Bantul Yogyakarta yang masuk redaksi auto champion.



Terima kasih




Dadang Auto Champion