Motor Berasap Harus Teliti
Motor Berasap Harus Teliti
Problem
Mas saya ada trouble sudah 1 minggu
Yamaha Jupiter Z ngebul padahal sudah dikorter 2x dengan piston oversize 50,
silinder headnya sudah disitting + busing klepnya baru. Tapi oli masih masuk ke
ruang bakar sampai sampai silinder blok ama pistonnya diganti baru, tapi masih
saja oli masuk ke ruang bakar.
Solusi
Kerja selama satu minggu lebih terbayar lunas dengan
hasil maksimal mas. Saya baru teringat kalo sebenearnya bentuk diameter piston itu
tidak persis seperti lingkaran, melainkan agak oval sedikit, nah dari ingatan
saya tersebut saya berpikir apa iya kalo setang seker agak melintir (stang
seker tidak diganti karena tidak terjadi bunyi kerusakan pada stang seker, karena
yang dikeluhkan pelanggan cuma ngebul). Tapi saya beranikan diri untuk melepas
stang seker dan menggantinya dengan yang baru.
Pada saat di bengkel reparasi,
tukang pasang stang sekernya saya suruh untuk mengeceknya, ternyata bener stang
sekernya melintir sekian mikro dibandingkan dengan stang seker baru. Kalo
dilihat dengan kasat mata tidak terlihat. Dengan melintirnya stang seker
tersebut maka gerakan sekert tidak centre. Setelah stang seker diganti dan
dirakit kembali, dengan perasaan berdebar saat menyalakan mesin, jreng dan
alhamdulillah ngebulnya hilang.
Referensi
Kasus bengkel Agus
Wahyudi “ Wahyu Motor” Sidoarjo Jawa Timur
Kiriman kasus ke redaksi Auto Champion sudah diedit untuk
penyelarasan.
Terima kasih
Dadang Auto Champion.