Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Motor Berasap Harus Teliti

Motor Berasap Harus Teliti

stang seker bengkok membuat berasap

Problem
            Mas saya ada trouble sudah 1 minggu Yamaha Jupiter Z ngebul padahal sudah dikorter 2x dengan piston oversize 50, silinder headnya sudah disitting + busing klepnya baru. Tapi oli masih masuk ke ruang bakar sampai sampai silinder blok ama pistonnya diganti baru, tapi masih saja oli masuk ke ruang bakar.
Solusi
Kerja selama satu minggu lebih terbayar lunas dengan hasil maksimal mas. Saya baru teringat kalo sebenearnya bentuk diameter piston itu tidak persis seperti lingkaran, melainkan agak oval sedikit, nah dari ingatan saya tersebut saya berpikir apa iya kalo setang seker agak melintir (stang seker tidak diganti karena tidak terjadi bunyi kerusakan pada stang seker, karena yang dikeluhkan pelanggan cuma ngebul). Tapi saya beranikan diri untuk melepas stang seker dan menggantinya dengan yang baru.
            Pada saat di bengkel reparasi, tukang pasang stang sekernya saya suruh untuk mengeceknya, ternyata bener stang sekernya melintir sekian mikro dibandingkan dengan stang seker baru. Kalo dilihat dengan kasat mata tidak terlihat. Dengan melintirnya stang seker tersebut maka gerakan sekert tidak centre. Setelah stang seker diganti dan dirakit kembali, dengan perasaan berdebar saat menyalakan mesin, jreng dan alhamdulillah ngebulnya hilang.

Referensi
Kasus bengkel Agus Wahyudi “ Wahyu Motor” Sidoarjo Jawa Timur
Kiriman kasus ke redaksi Auto Champion sudah diedit untuk penyelarasan.

Terima kasih


Dadang Auto Champion.