Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Mio Soul GT RPM Tidak Mau Naik

Mio Soul GT RPM Tidak Mau Naik

ganti injektor

injector rusak

Eksekusi Perbaikanya Ganti Injektor/injector

Koresponden dari Dones Roles Jambi, sudah diedit untuk penyelarasan...

Problem
Ada motor Mio Soul GT 2013 punya orang tetangga desa. Begitu datang ke bengkel saya, dengan kondisi motor didorong. Trus pemilik motor menceritakan, kemaren motor mogok di jalan, kemudian diantar ke sebuah bengkel, dibengkel tersebut dibenerin satu hari, eh ternyata bengkel itu menyerah, gak ada hasil dan menyarankan dibawa ke bengkel resmi Yamaha, karena si pemilik motor takut kalo di bengkel resmi pasti biayanya besar, akhirnya baru dibawa ke bengkel saya.
Solusi

Hari pertama...........
 Saya cek MIL ternyata ga ada kedipan, kemudian saya nyalakan, dan mesin hidup, ternyata rpm ga naik, kemudian saya bersihkan fuel pump pake tiner (tidak disarankan) dan carbu cleaner, sekalian bersihkan injector secara manual menggunakan aki dan disemprot pake carbu cleaner, di situ kelihatan injector masih menyembur, ngabut dan bagus ga da yang buntu. Kemudian saya pasang fuel pump dan injector, begitu dites masalah belum tuntas, mesin gak mau juga naik rpmnya, kemudian saya buka throttle body dan dibersihkan pake carbu cleaner, sekalian ISC dibuka dicek semua, kemudian dipasang kembali semua, dan tes nyalakan lagi, tapi masih gak mau naik rpm.  
.................... usaha berikutnya!
Saya coba ganti  busi baru gak mau juga, kemudian  masalah baru malah muncul, yaitu lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) nyala, kemudian saya cek menggunakan scanner yamaha, eh ternyata sensor speedometer, kemudian saya cek tali speedo meter ternyata bagus, kemudian saya buka soket speedo dan dibersihakn ternyata hilang kedipan milnya, diputar rodanya juga bisa ilang MILnya. Tapi mesin motor tetap gak mau dibawa jalan, karena sudah pusing akhirnya saya tinggalkan dulu dan ada pekerjaan lain.
Hari kedua .............
Hari kedua, karena saya gak punya fuel pump pressure gauge, saya yakinkan untuk pasang fuel pump baru, ternyata masih gak mau hilang penyakit. Kemudian saya pinjam motor tetangga untuk coba ganti ECU/ECM, eh ternyata gak juga beres masalah.
Usaha terakhir dan menentukan........
Saya coba injectornya juga pake motor tetangga tadi, eh ternyata begitu dites nyalakan gas dibetot langsung mau digeberr dan memuaskan. Kesimpulanya, injector/injektor walau sudah dibersihkan dan dilihat pengabutanya bagus, tapi kalo dipasang pada motornya belum tentu dia mau bagus di rpm tinggi. Yah itulah pengalaman kerja, jadi motor sekarang dengan motor jadul sangat berbeda pendeteksi kerusakanya.

mencari kerusakan injeksi


Terima kasih


Dadang Auto Champion