Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Bengkel Jangan Ganggu Lingkungan

Bengkel Jangan Ganggu Lingkungan

            Jumlah populasi sepeda motor yang semakin banyak menjadikan usaha bengkel juga meningkat pula populasinya, baik di kota maupun di kampung kecil sekalipun, sudah banyak bengkel motor yang exist.
            Perlu diperhatikan, bengkel motor tidak bisa dihindarkan dari suara mesin, kotoran atau sampah, parkir kendaraan konsumen, dan test drive saat motor sudah selesai diservis. Sebagai makhluk sosial hendaknya pemilik bengkel motor bisa menjadikan aktivitas bengkelnya tidak mengganggu ketertiban umum, ataupun tetangga disekitarnya. Ini beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Atur jam kerja, jika ada lemburan malam, pastikan suara mesin, kunci atau obrolan tidak mengganggu tetangga. Jika dirasa mengganggu jangan lemburan malam, kecuali rumah anda jauh dari pemukiman penduduk.
  2. Untuk menyeting mesin tidak perlu mbleyer-bleyer atau suara gasnya diputar dalam kondisi tanpa beban dengan suara keras, motor standar saja bisa mengganggu, apalagi sudah modifan dan knalpot racing. Cukup ditest stasionernya, jika stasioner sudah beres tinggal langsung dicoba aja dinaiki dengan berbagai operasi gigi.
  3. Test drive tidak mesti kencang, standar penggunaan saja.
  4. Jika anda tidak bisa menghindari suara berisik di bengkel, aplikasi sistem peredam knalpot dan peredam suara berisik lainya di bengkel anda, bisa dibeli atau dimodif sendiri secara sederhana.
  5. Atur parkir pelanggan atau konsumen agar tidak sembarangan mengganggu jalan umum.
  6. Jangan buang sparepart bekas atau oli di selokan. Kumpulkan saja dan dan di managemen soalnya itu semua juga bisa jadi uang.
  7. Hindari aplikasi knalpot yang suaranya berisik, ban cacing, dan asesoris yang menggangu kepentingan umum lainya.
  8. Dan lain – lain sekira ada sesuatu yang mengganggu, berusaha diatasi.
Demikian semoga yang sedikit ini bermanfaat, semua itu agar usaha anda ramah lingkungan dan punya hubungan baik dengan masyarakat sekitar, langsung atau tidak langsung itu akan mempengaruhi ketenangan dan kenyamanan bisnis anda juga dari protes lingkungan. Semoga kita terbimbing tidak mengganggu lingkungan.

Terima kasih

Dadang Auto Champion