Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Yamaha R 15 Ndut-Ndutan

Yamaha R 15 Ndut-Ndutan
yamaha r15 ngadat

Sharing ilmu dari mas Agus Wahyudi, pemilik Wahyu Motor depan Masjid Darul Ulum, Dukuh Tengah RT4/RW2, Buduran Sidoarjo Jawa Timur. Sudah diedit untuk disesuaika.

Motor yamaha R15 pagi-pagi ke bengkel saat mau buka. Pemilik mengeluhkan kalo head lamp dimatikan, jalanya ndut-ndutan, dan lampu MIL menyala, tapi kalo head lamp dinyalakan, jalanya tidak ndut-ndutan lagi (ket : headlamp dimodif pake saklar cut of engine supaya dapat dimatikan dan dihidupkan secara manual). Setelah kami cek pakai scanner ternyata muncul kode 46 (power supply bermasalah). Petunjuk awal yang bagus.
Saya pikir kejadianya kayak kebanyakan Yamaha Vixion (rumah sekring kotor, sekringnya atau suplay arus kurang). Ternyata setelah kami cek dengan menggunakan AVO meter digital, pada saat motor dihidupkan, ternyata yang terjadi justru kelebihan arus (over charge) pada saat lampu depan dimatikan, selain itu, pada rpm 4000, putaran mesin langsung drop, volt meter menunjukkan angka 17.35 volt  dan MIL kondisi menyala. Kemudian, pada saat lampu dinyalakan, putaran mesin tidak drop, tapi voltase trus merangkak naik dan MIL langsung menyala (ket : lampu sudah dimodif untuk jarak pendek nyala semua).

Perbaikan
Kabel lampu saya kembalikan pada jalur yang semestinya, sedangkan cut of engine saya kembalikan jg seperti semula,  kiprok diganti dan masalah selesai. Perlu diketahui, untuk kiprok letaknya ada di belakang head lamp, harga kiprok estimasinya kurang lebih 300 ribu. Maaf kalo kurang akurat karena yang beli kiprok pemiliknya.

Terima kasih


Dadang Auto Champion