Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Stel Stasioner Motor Injeksi

Stel Stasioner Motor Injeksi

            Cara menyetel stasioner pada motor injeksi ada 2 cara, cara pertama dengan cara manual, yaitu diputar langsung pakai obeng seperti pada motor supra 125 PGMFI dan semisalnya. Cara kedua, sudah ada pengatur otomatis putaran stationer, pada motor yamaha ada komponen ISC (Idle Speed Control). Dengan komponen ini tidak perlu menyetel lagi. Meski begitu jika ada problem pada ISC, anda bisa melakukan cara di bawah ini.
Pengalaman Treatmen ISC agar bisa stasioner oleh Agus wahyudi, Wahyu Motor depan masjid Darul Ulum RT4/RW2 Buduran Sidoarjo Jawa Timur. (sudah diedit untuk penyelarasan)........
Cara menyetel langsam pada Mio J/ Soul GT tidak bisa dengan memutar baut penyetel pada throttle body, tapi haus menyetel jarak plunger ISC pada Trhottle body. Caranya dengan melepas ISC dulu pada rumahnya, kemudian pernya kita lepas, lalu kita setel jarak panjang plunger dengan cara mengukurnya dengan jangka sorong antara ujung lunger dengan dasar body ISC (yang terdapat Oring) ukuran standarnya 35mm untuk merubah ukuran caranya dengan melepas plungernya dan panjang pendeknya plunger diatur pakai drat tinggal putar saja plungernya pakai tangan sesuai ukuran yang diinginkan, dengan ukuran tersebut didapatkan putaran langsam sekitar 1700 rpm. Jika dirasa kurang langsam jaraknya bisa ditambah 36-37mm, tapi sebelum dipasang ISCnya alangkah baiknya dibersihkan dl ruma ISCnya lalu pasang ISCnya. Sebelum dihidupkan mesin direset dulu ISCnya. Setelah mesin hidup baru diketahui hasilnya, jika terlalu rendah rpmnya baru bisa disetel melalui baut gas pada throttle body.

Terima kasih


Dadang Auto Champion