Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Honda Beat FI Putaran Awal Brebet

Honda Beat FI Putaran Awal Brebet

            Mas Beni Wonosari (murid Auto Champion) Jogja mengeluhkan motornya (Honda Beat FI tahun 2013)  brebet di putaran awal, tarikan juga otomatis kurang begitu respon. Tidak ada tanda kerusakan MIL nyala berarti tidak ada sensor injeksi yang rusak. Meski begitu tetap sebaiknya dicek dengan alat HIDS (Honda Injection Diagnostic System). Karena tidak ada alat kita persilakan dicek di tempat kita (Auto Champion) yang punya HIDS.
            Sesampai di Auto Champion, saya cek langsung dengan alat HIDS, posisi colokan DLCnya ada di tengah motor, cukup buka tebeng depan bawah jok motor, lokasi nya samping kanan kalau kita naik motor (Gambar 1). Setelah dicolok nampak sekali rpm tidak ideal, terlalu rendah (jika tanpa alat seolah sudah tepat dan mesin juga tidak mati, padahal stationernya salah). Solusinya cukup disetel lewat bagasi box bawah jok dengan obeng + atau - kecil  dan disesuaikan, sudah ada tanda di alat HIDS kalo tidak sesuai, dari pengecekan rpm terlalu rendah, sesuaikan dengan parameter!, dengan alat, jangan feeling karena bisa menipu, setelah disesuaikan parameter, masalah selesai dan problem hilang.

honda beat injeksi brebet
Gambar 1 lokasi DLC (colokan scanner) maaf view kurang bagus tidak begitu kellihatan


beat fi brebet putaran awal

lokasi stelan RPM kotak kuning, tinggal buka karet penutup kecil, stel rpm sebaiknya pake HIDS karena nilai rpmnya tertera dengan jelas, gunakan untuk menyetel obeng + atau - kecil




Terima kasih


Dadang Auto Champion.