Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Tips Memasang Busi

Tips Memasang Busi

            Ini sepele tapi vital. Kesalahan umum memasang busi bisa terjadi terhadap siapa saja, baik orang yang masih mekanik motor pemula, atau mekanik motor senior tapi kurang rapi pekerjaanya.
Efek dari kesalahan pemasangan busi tersebut adalah pekerjaan anda tidak cepat dan efisien karena bisa trouble, kompresi drop, drat lubang busi aus, pada kasus tertentu extrim drat sudah tumpul dan busi bisa terlempar keluar, yang paling bahaya adalah bocornya pembakaran keluar apalagi kalau posisinya di pom bensin. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait pemasangan busi :
tips memasang busi

  1. Standar memasang busi yang masih normal dratnya adalah diputar dengan tangan sampai mepet dulu sebelum dikencangi, jika tidak seperti itu berarti tidak normal, kondisikan! Jangan dipaksa!. (Gambar 1)
  2. Jika pakai tangan ternyata berat dan tidak mau mepet, bisa jadi busi dan drat lubang busi kotor, atau kurang tepat pemasanganya, jangan dipaksa, bersihkan lubang drat dan businya, dan posisikan dulu busi dengan mapan. Pastikan bisa dipasang mepet dengan tangan, kalo belum berarti belum ideal
  3. Jika sudah terlanjur dol atau rusak karena kesalahan, jangan khawatir. lakukan recoil saja baca “ cara recoil lubang drat rusak”.
  4. Masih terkait cara memasang busi, khusus busi injeksi pastikan ada kode R nya kalau beli.
Terima kasih


Dadang Auto Champion