Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jangan Ragu Trouble Shooting, Terapkan Saja Prosedur



Jangan Ragu Trouble Shooting, Terapkan Saja Prosedur

Motor baru hilang kompresi?, masak sih?..........

            Murid kami mas Miskun asal Kulon Progo ini termasuk mekanik motor  yang punya karakter. Beliau bisa dikatakan mekanik lintas dealer (pernah jadi mekanik dealer), meski yang saya tahu baru 2 dealer, tapi prinsipnya merek apapun diterima (saat ini buka usaha bengkel motor sendiri). Orangnya terkesan mantepan (yakin) saat nangani masalah motor.
            Saya menyorotinya dari sebuah kejadian saat melakukan trouble shooting kerusakan motor. Jadi begini kejadianya, saat beliau masih di dealer, kebetulan Beliau termasuk mekanik andalan. Tidak perlu saya sebutkan dealernya nanti dikira black campaign. Ada motor baru yang masuk, kasusnya tidak bisa hidup mesinya, dan beberapa mekanik belum berhasil menghidupkan motor. Kemudian mas miskun dipanggil, setelah datang langsung dilakukan pengecekan, ternyata kompresinya tidak ada, langsung bongkar silinder head, skur klep dan masalah beres. Mekanik peragu mungkin berpikir motor baru kok kompresi hilang, seandainya tahu hilang kompresi, masih ragu mau bongkar, soalnya motor baru, padahal mekanik yang tahu standar kompresi, walau ada kompresi tapi lemah, tetap tidak ragu bongkar apalagi hilang sama sekali.
Intinya terapkan saja prosedurnya, jangan ragu bongkar dan ambil tindakan servis besar sekalipun meski motor tersebut baru, karena yang namanya buatan manusia meski sudah melalui serangkain pengecekan, termasuk ada PDI (Pre Delivery Inspection) tetap saja bisa terjadi faktor human error.
Pelajaran yang bisa diambil adalah, mekanik motor dibutuhkan cepat, tanpa ragu, tepat dan disiplin menerapkan prosedur pengerjaan. Selain itu jangan lupakan hal yang sederhana dan kecil semisal syarat terjadinya pembakaran, jangan sampai karena hal sepele menghambat pekerjaan anda.

Terima kasih

Dadang Auto Champion