Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Skur klep motor injeksi, atasi brebet



Skur klep motor injeksi, atasi brebet

Problem
            Motor supra 125 PGM-FI tipe ANF mengalami masalah brebet di setiap putaran, selain itu stasioner susah stabil. Dicolok scanner tidak ada tanda kerusakan, di MIL motornya juga tidak ada tanda apapun.

Solusi
            Melakukan trouble shooting motor injeksi lebih mudah dengan scanner injeksi, selain mudah, lebih bisa meyakinkan konsumen dan menunjukkan bukti kerusakan. Jika kita dapati sebuah problem, langsung colok scanner, tapi apabila tidak ada masalah saat di scanner berarti problemnya harus dicari dengan analisa yang kuat. Seperti yang terjadi pada kasus di atas.
            Karena terbiasa atasi masalah, langsung bongkar ruang bakarnya (ini juga ilmu penting, Njujuk red-jawa atau langsung menuju ke problemnya), ternyata pembakaranya hitam, tanda pembakaran kurang sempurna, langsung tes kerapatan katup, ternyata didapati katup buangnya bocor halus. Adapun katup yang hisap masih normal. Agar lebih mantap sekalian diskur klep keduanya biar lebih rapat. Setelah melakukan skur klep, pastikan sil klep diganti agar lebih sempurna. Setelah diskur dan dirakit kembali masalah brebet dan tidak stasioner hilang.

kleb buang bocor
 katup buang bocor halus (yang dilingkari merah)

cek kerapatan katup

katp kurang rapat, pembakaran tidak sempurna

cara mengecek kerapatan katup



Terima kasih

Dadang Auto Champion