Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Empat jalan karir



Empat jalan karir

            Orientasi manusia dalam menempuh jalan maisyah (penghidupan) berbeda-beda. Semua itu banyak faktor, ada yang karena cari jalan aman, ada yang memang pendidikan keluarga, ada yang suka tantangan dan ingin menjadi pengusaha yang bisa memiliki manfaat luas bahkan menciptakan lapangan kerja, walaupun jalan menuju ke sana penuh aral merintang, dan ada yang memiliki latar belakang lainya, yang jelas ini empat tipe tersebut :
  1. Jalur umum. Menempuh pendidikan tertentu memang ingin kerja di tempat orang atau perusahaan tertentu.
  2. Pindah jalur. Ada yang sudah menempuh pendidikan dan ingin kerja, tapi karena tidak diterima di mana-mana akhirnya nekat jadi pengusaha dengan pindah haluan skillnya.  
  3. Jalur pengusaha. Orang yang memiliki latar belakang keluarga mendukung, bahkan bersifat keturunan, visinya kuat, suka tantangan, dan memang sejak sekolah bercita-cita jadi pengusaha atau wirausahawan, sehingga dia bisa bernanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
  4. Jalur ngambang tanpa tujuan. Orang yang memang menempuh pendidikan tapi tidak jelas, salah pergaulan, bingung dan serba tidak yakin. Akhirnya pendidikannya berantakan walau selesai, jika tidak segera berubah dan mengambil sikap, akan tidak jelas juga jalur penghidupanya.
Itu hanya sekilas ilustrasi. Dan jika kita ingin menjadi orang yang terbaik, salah satu saratnya adalah yang paling bermanfaat bagi manusia. Dari empat tipe tersebut mana diantara yang paling bermanfaat bagi manusia?, masing-masing punya pilihan dan maslahat tersendiri. Termasuk bagian penting juga adalah mencari jalur yang halal, bukan yang haram.

Terima kasih


Dadang Auto Champion