Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Knocking/nglitik motor injeksi Honda vario 125



Knocking/nglitik motor injeksi Honda vario 125

            Satu kasus lagi kami hadirkan terkait trouble shooting dan perbaikan knocking Honda vario 125 injeksi. Benarlah orang yang mengatakan, “perencanaan teoritis semata, tidak akan bermanfaat jika tanpa aplikasi prakteknya”. Silakan simak pengalaman langsung praktis dari bengkel Wahyu motor dengan mekanik sekaligus pengelola, Agus Wahyudi, sengaja kita kutip teks orisinilnya dengan penyelarasan editing, beliaunya hubungi saya untuk dishare dengan harapan agar lebih bermanfaat. 
Ini teks email sudah diedit untuk penyelarasan penyampaian………
Problem
Kebanyakan motor Honda vario 125 injection pada mesinya seperti terdengar suara knocking. Sebenarnya sudah lama kasus tersebut dikeluhkan oleh pelanggan kami, tapi mereka enggan untuk melakukan perbaikan alasanya mereka sudah komplain dealer resmi/bengkel resmi, tapi jawabanya yang mereka terima terkesan menakut-nakuti pelanggan yang katanya harus ganti inilah itulah dengan total biaya sekian ratus ribu. Bengkel resmi tersebut kayaknya enggan melakukan perbaikan yang bersifat komplain.
Solusi
Karena sudah tidak tahan dengan suara tersebut, pelanggan tersebut membawa motornya ke bengkel kami (Agus Wahyudi/Wahyu Motor). Kami mencoba untuk menganalisa masalah tersebut. Suara knocking timbul pada saat stationer dan pada saat gas diplintir pada saat mau jalan. Kadang posisi jalan dengan kecepatan rendah sampai sedang terdengar suara knocking, suaranya persis kaya mesin mobil yang penyalaanya terlalu maju.
Setelah kami analisa, suara tersebut bersumber pada ruang CVT kemudian kami bongkar rumah roller/weight, kemudian kami cek ternyata rumah roller/weight dan busingnya agak sedikit oblak, kemudian kami ganti rumah roller(weight) dan busingnya, lalu kami pasang, ternyata masih bunyi juga, kemudian kami bongkar kembali, kami mencoba analisa roller/weightnya, kondisi roller/weight masih bagus, tidak pelos.
Jika diamati, ternyata roller/weightnya Honda vario diameternya dan besarnya hampir sama dengan punya Suzuki spin, kemudian kami coba subtitusi roller/weight Suzuki spin dan kami pasang pada rumah roller/weight Honda vario 125 injection ternyata hasilnya memuaskan, bunyi knocking hilang sama sekali, tarikan lebih ringan soalnya bobot roller Suzuki spin lebih ringan dibandingkan dengan punya vario 125 injeksi. Sebagai tambahan, roller/weight Suzuki spin 15 gram dan berat roller/weight Honda vario 18 gram.

dibawah ini gambar pendukungnya 

weight matik

roller/weight metik

bushing

cvt matik



Sekian, Itulah pengalaman langsung dari mas Agus wahyudi, ditulis, ditrouble shooting dan diperbaiki dengan gaya bebas dan lepas.

Agar lebih paham tentang suara nglitik ato detonasi di motor dan penyebabnya, baca artikel ini "pembakaran normal dan tidak normal"

Terima kasih

Dadang Auto Champion