Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Yamaha vixion digas tidak mau malah cenderung mati




Yamaha vixion digas tidak mau malah cenderung mati

yamaha NVL digas cenderung mati

 ilustrasi diambil dari www.semisena.com

Bengkel Wahyu Motor milik mas Agus wahyudi ada kasus lagi, kali ini Yamaha vixion, langsung saya edit setelah dikirim lewat email untuk penyelarasan bahasa seperti biasa. Silakan simak……
Problem
Motor Yamaha new vixion lightening setelah ganti knalpot free flow/ racing, kemudian dipakai beberapa hari tidak terjadi masalah, tapi setelah itu timbul masalah waktu grip gas diplintir, motor tidak mau lari, malah cenderung mati. Kemudian sama pemiliknya dikembalikan knalpot standar, tapi penyakitnya tetap tidak hilang, setelah itu dibawa ke bengkel kami.
Solusi
Setelah mendengar keterangan tersebut langsung saya scan, ternyata tidak terdeteksi kerusakan, setelah itu coba saya reset saja, ternyata setelah direset (untuk di alat FIDT istilahnya CStory/Clear Story) waktu grip gas diplintir, mesin mau teriak sampai 10.000rpm batas masimal standar, kemajuan bagus!. Kemudian saya coba cek stelan CO/BBMnya ternyata terdeteksi -1,0. Belum puas, pemiliknya minta dinaikkan stelan COnya 5.0 ternyata tenaganya tambah nendang. (alhamdulillah pekerjaan tersebut dikerjakan kurang dari 15 menit)
Saran saya, lakukan penyetelan CO sesuai standar EURO 3, yaitu 2, kalo ditulis lengkap sebenarnya 2gram/kilometer. Jangan 5.0 seperti diatas, saya yakin motor tetap enak dan yang penting sesuai regulasi emisi gas buang dan motor kita jadi ramah lingkungan. Go green go green!

Terima kasih

Dadang Auto Champion