Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Motor matik mati tiba-tiba dan susah hidup



Motor matik mati tiba-tiba dan susah hidup


Problem
Motor matik mati secara mendadak pada saat mengurangi kecepatan, entah mau belok, ada polisi tidur dan lain sebagainya. Setelah mesin mati, kemudian sulit dihidupkan kembali, padahal sistem bahan bakar dan sistem pengapian tidak masalah. Itu sering dialami oleh mas Wahyudi pada pelanggan bengkelnya, padahal motor mereka selalu servis di bengkel resmi, setelah servis selang 1 minggu hingga 10 hari, penyakitnya kambuh lagi. Sampai mereka gonta-ganti bengkel tapi hasilnya tetap sama.
Solusi
Ternyata problemnya karena hilangnya kerapatan kompresi (kebocoran kompresi). Itu terjadi karena penumpukan karbon di ruang bakar, hal tersebut bisa terjadi ketika kecepatan tinggi dan ada karbon yang rontok dan mengganjal dudukan daun klep. Solusinya bongkar ruang bakar dan bersihkan ruang bakar dengan skrap sampai bersih, dan saran saya sekalian dimanfaatkan untuk skur klep atau ganti jika klep sudah mulai tipis. Setelah dibersihkan ruang bakarnya, masalah beres.
Sebenarnya bagi konsumen yang ingin cepat tanpa pembongkaran dengan berbagai alasan, diantaranya waktu dan biaya, ada solusi menggunakan Anti Carbon, itu berbentuk cairan kimia yang dimasukkan ke ruang bakar bisa dikerjakan selama 1jam.
Demikian dari pengalaman dibengkel Agus wahyudi dengan penyelarasan bahasa. Semoga bermanfaat

Terima kasih

Dadang Auto Champion