Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Memperbaiki motor konslet



Memperbaiki motor konslet

            Kasus motor konslet sering terjadi, mulai dari tingkat sederhana sampai yang komplek. Semakin pengalaman seorang mekanik motor, akan lebih cepat mengatasi rangkaian yang konslet. Untuk kasus mencari konsleting yang menyita waktu, mas Agus Wahyudi pemilik bengkel "Wahyu Motor" bersedia berbagi pengalamanya. Kejadian konsletnya kadang terjadi langsung, dan terkadang tidak, kasus konsletnya terjadi datang dan pergi, tidak stabil jadi lebih tinggi tingkat kesulitanya dari pada yang permanen konslet.

Silakan simak emailnya dengan penyelarasan dan editan yang diperlukan agar lebih enak dibaca……
Honda vario model lama terjadi konsleting, sekering putus (kadang langsung putus, kadang baru dipake seharian baru putus). Dengan kejadian ini saya sampai 2 hari mengerjakanya, sampai habis sekering banyak, soalnya kejadianya jarang-jarang.
Pertama- tama saya buka semua cover body Honda vario tersebut, lalu saya cek semua sistem kelistrikan mulai dari aki, sekering, soket-soket dan kunci kontak. Pada saat tidak putus sekringnya, semua sistem kelistrikan normal-normal saja sehingga belum bisa dilacak kerusakanya karena konsletnya belum muncul.
Dengan kondisi konslet datang dan pergi tersebut, kerusakan hanya bisa dilacak saat terjadi rangkaian konslet. Saat konsletnya muncul, dan sekering sering putus, saya mulai beraksi, semua kondisi kelistrikan saya cek, ternyata kabel warna hijau teraliri arus (pada motor Honda, kabel warna hijau adalah kabel negative) sekering langsung putus, kemudian saya ganti baru dan putus lagi.
            Akhirnya saya menemukan cara supaya bisa menemukan penyakitnya, yaitu sekering saya ganti sebelum kontak saya ONkan, kemudian saya cabut soket satu persatu. Saat salah satu soket saya cabut, kontak saya ONkan dan sekering langsung putus (berarti rangkaian yang konslet bukan rangkaian yang berhubungan dengan soket tersebut), saya lakukan hal tersebut satu demi satu. Akhirnya saya menemukan soket yang mengarah ke speedo meter yang konslet, pada saat kunci kontak saya ONkan (dalam kondisi salah satu soket yang dicurigai dilepas), sekering tidak putus, tapi begitu soket tersebut (yang dilepas tadi) saya sambung kembali, sekering putus lagi (ini dia problemnya). Setelah saya cek, ternyata berhubungan ke pengukur indikator bahan bakar yang ada di kotak speedo yang terjadi konsleting, kemudian 3 kabel yang nancap ke mur pengukur bensin di kotak speedo meter saya lepas kemudian agar tidak nempel satu sama lain saya isolasi satu persatu, setelah itu kontak saya ONkan langsung saya cek smua sistem kelistrikan dan kabel warna hijau ternyata tidak terjadi konslet lagi, alhamdulillah semua kembali normal.

Itulah gambaran kesulitan mencari kelistrikan konslet, jika konsletnya datang dan pergi/tidak permanen.

Adapun artikel terkait yang pernah saya buat yang juga relevan….

Terima kasih

Dadang auto champion