Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Kenaikan BBM, sikap positif dan analisa bisnis



Kenaikan BBM, sikap positif dan analisa bisnis

            Kita semua sudah mengalami efek kenaikan BBM pada tahun-tahun sebelumnya, memang sesuatu yang berat dan memukul punggung apalagi kita sebagai rakyat kecil. Tapi itulah kehidupan, semua terkadang tidak berjalan sesuai keinginan kita. Jika BBM tahun ini naik, rakyat Indonesia akan lebih terpukul punggungnya sekaligus mentalnya.
            Tapi tentu saja apa yang kita hadapi tidak semengerikan pejuang kita dulu di masa penjajahan, seperti perang di Surabaya, yang setiap hari tidak ada kepastian, nyawa bisa melayang sewaktu waktu, tapi justru dengan seperti itu muncul patriotisme dan hati yang selalu bergantung kepada Allah subhanahu wata’aala. Semoga seandainya BBM jadi naik, rakyat kita jangan menambah luka dengan demontrasi ataupun gesekan-gesekan sesama bangsa Indonesia yang tidak perlu.
            Sebagai rakyat Indonesia yang biasa ada sedikit analisa yang setidaknya menjadi gambaran peta bisnis yang bisa terjadi terkait dampak kenaikan BBM.
  1. Perubahan trend transportasi, yang awalnya biasa naik mobil bisa turun kasta naik sepeda motor dengan alasan lebih irit, ini juga akan mempengaruhi bisnis seputar sepeda motor.
  2. Untuk mobil dan sepeda motor bisa saling jadi boncenger, menimbulkan suasana akrab dan kekeluargaan dan bisa saling sharing bisnis. Tapi disarankan rekan kerja yang sejenis, cewek dengan cewek, dan cowok dengan cowok. Jangan sampai cewek dan cowok yang non mahrom.
  3. Masih terkait perubahan trend transportasi, yang awalnya naik sepeda motor bisa beralih naik sepeda onthel karena alasan hemat dan dari sisi lifestyle lebih sehat. Otomatis pasar sepeda onthel juga kebagian rejeki.
  4. Sepeda listrik juga sekarang sudah mulai dilirik, karena bisa digowes atau dionthel sekaligus, bisa pula dihidupkan mesin listriknya walau kecepatanya dibawah 50 km/jam, mulai banyak penggemarnya juga.
  5. Ilmuwan dan akademisi lebih berpikir keras untuk menciptakan inovasi dan energy alternatif.
  6. Muncul berbagai bisnis kreatif, dan swasta lebih banyak memeras otak.
  7. Dan lain sebagainya.
Yang jelas, mari kita berpikir positif dan semakin kreatif agar semua tetap bisa berjalan dengan baik seandainya BBM tetap jadi naik.

Terima kasih

Dadang Auto Champion