Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Drat dan baut dol/slek, recoil solusinya



Drat dan baut dol/slek, recoil solusinya

            Dunia otomotif terkhusus bengkel sepeda motor, tidak akan lepas dengan yang yang namanya baut selek atau dol. Jika tidak diatasi, bisa terjadi kebocoran dan bisa mengganggu sistem kerja mesin, karena bautnya tidak bisa mengikat antar sambungan. Saat ini perbaikan yang mudah adalah dengan melakukan recoil. Apa itu recoil?, yaitu mengisi lubang yang selek atau dol tadi dengan per berbahan baja, itu digunakan sebagai alur bautnya. Sehingga jika baut 10 dol tidak perlu dirubah jadi 11 atau 12. Tapi tetap bisa dipasang baut 10 dengan cara recoil.
            Untuk di bengkel sepeda motor yang biasa kami temui adalah dol atau seleknya lubang busi, tap-tapan oli dan sambungan antar blok mesin. Recoil mudah dilakukan karena alatnya juga tersedia di pasaran. Ada paketan komplit, ataupun pilih ukuran baut tertetu saja yang sering dol. Biaya recoil beragam, sebagai contoh untuk recoil lubang busi sekitar 50 ribu. Agar tidak penasaran silakan lihat ini prosesnya…..

alat recoil
 Paket alat yang dipakai untuk ukuran M10x1.25

recoil
tahap 1


tap
Tahap 2


per baja
Tahap 3


recoil
tahap 4
hasil akhir recoil
finish (lubang baut tengah)

Referensi gambar:
http://www.youtube.com/watch?v=sQHRB2ElZJ0 

Berikut contoh recoil tempat baut 10



Terima kasih

Dadang Auto Champion