Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips kulakan sparepart motor



Tips kulakan sparepart motor

            Kelengkapan bengkel sepeda motor yang penting adalah spare part. Untuk menentukan pasokan spare part ada yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Diantaranya adalah :
salah satu pasokan spare part murid Auto Champion

  1. Modal. Jika memiliki modal yang besar bisa langsung beli paketan dari mulai 15 juta sampai milyaran.
  2. Jika modal kecil bahkan super minimalis, anda bisa menginduk penjual sparepart yang besar di kota anda. Biasanya ada penjual sparepart yang punya harga khusus untuk bengkel kecil. Jika hubungan baik dan sudah saling percaya bahkan bisa ambil barang dulu, bayar belakangan.
  3. Hindari pembelian online sparepart jika belum mengenal betul pusat kulakanya. Karena pusat kulakan ada yang nakal pembelian paketan disusupi dan diganti komponen lain karena saking banyaknya. Terkadang konsumen sampe males complain karena terlalu banyak stok yang beda dari pesanan awal dan capek untuk complain. Saran saya beli langsung untuk awal dan cek detail spare part yang dibeli. Kalo sudah yakin dan memang terpercaya selanjutnya tinggal transfer dan pembelian on-line.
  4. Lakukan survey daerah juga, karena ada daerah tertentu yang sparepartnya berbeda. Seperti daerah pegunungan lebih boros kampas rem dan kabel kabel. Daerah perkotaan banyak yang suka asesoris juga. Ada juga daerah tertentu yang lebih banyak motor matiknya. Jadi jangan salah stok sparepart karena bisa berakibat tidak bisa muter modal lagi. Berarti anda beli bukan berdasar paketan tapi berdasarkan survey.
  5. Titik beratkan fast moving dulu, atau komponen yang cepat laku, seperti kampas, perpak, ban, busi oli dan lain sebagainya. Kalau sudah mulai jalan dan bisa mendata permintaan pembelianya, baru tentukan kulakan dalam jumlah besar.
  6. Pelajari kasta spare part, ada yang orisinal, kw1, kw2, aspira, indopart, fuboru dan non merk lainya. Pelajari detail dan pastikan jangan stok yang tidak berkualitas. Karena sekali melakukan kesalahan terhadap konsumen dan salah tetapkan jaminan spare part, pelanggan akan lari. Tempat kulakan sparepart seharusnya punya buku panduan sparepart dan kastanya.
  7. Lakukan study banding dengan bengkel yang sudah jalan. Jika orangnya open lebih mudah menggali informasi. Jika orangnya tertutup, tawarkan agar bisa sharing informasi meski harus membayar.
  8. Lakukan kerjasama dengan bengkel resmi juga boleh, untuk dapatkan sparepart orisinil dengan bonus khusus bengkel anda.
  9. Kerjasama dengan sesama bengkel. Sesama bengkel bukan musuh, justru akan jadi partner sehingga bisa saling tukar spare part dan saling umpan spare part jika pas ada spare part yang kurang bisa diputar modalnya.
  10. Ada sparepart yang punya masa kadaluarsa. Catat apa saja, jangan jual yang sudah kadaluarsa, atau beli yang kadaluarsa, karena konsumen anda dipertaruhkan.
  11. Sparepart modifikasi atau asessoris harus diwaspadai. Kualitas yang kurang bagus bisa membahayakan konsumen. Jika belum paham kualitas jangan stok.

Terima kasih


Dadang Auto Champion