Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Spare part motor kadaluwarsa



Spare part motor kadaluwarsa

            Siapapun yang mau buka bengkel harus paham dan mengetahui seluk beluk seputar spare part. Ternyata ada beberapa spare part yang memiliki kadaluwarsa. Jika masa kadaluwarsa tersebut sudah lewat maka sudah tidak aman untuk dijual apalagi dipasang di sepeda motor. Pengetahuan yang lugu, polos dan minim tentang spare part, bisa berakibat fatal terhadap kelangsungan usaha. Selain masalah keawetan, ada komponen spare part yang vital juga dan bisa membahayakan nyawa apabila sudah kadaluarsa. Diantaranya :
  1. Ban
Ban termasuk spare part atau komponen yang vital. Jika sampai meletus pada kecepatan tinggi taruhanya nyawa. Perlu jeli untuk membaca kode ban, mulai dari tahun pembuatan, rentang umur ban disimpan dan dipakai, standar beban, standar kecepatan, dimensi dan lain sebagainya. Pent- gambar dibawah in diambil dari adymanalu.wordpress.com.
kode ban
kode ban

  1. Aki
Jika anda beli aki, tapi belum lama dipakai kok sudah rusak, itu juga salah satu indikasi akinya sudah kadaluwarsa. Meski ada aki yang bisa rusak karena faktor kurangnya perawatan atau pengetahuan tentang pemakaian. Pastikan bisa membaca kode produksi aki dan spesifikasinya baik aki kering ataupun aki basah. Gambar di bawah ini diambil dari stpoil.co.id. Pada referensi web tersebut juga disebutkan umur aki dari pasca produksi antara 4-6 tahun, adapun usia pemakaian sekitar 2 tahun.

kode aki

  1. Sil karet
Di mesin atau komponen chasis juga sering ada sil untuk perapatnya. Mirip ban juga jika sudah kadaluwarsa, karet cenderung keras dan tidak elastis sehingga mengurangi kerapatan.
  1. Oli
Untuk urusan oli saya belum mengetahui detail tapi silakan pelajari sendiri saat belanja dan tanyakan dengan selengkap mungkin. Karena oli juga termasuk bagian paling sering diganti. Bedakan asli palsunya dan apakah ada penerapan tentang expirednya atau kadaluwarsanya. Setidaknya apakah ada penurunan kualitas jika disimpan dalam jangka waktu yang lama.
Mungkin sementara itu dulu, bagi yang ingin menambahkan atau sharing bisa ke amanahilmiah@yahoo.co.id siapa tahu bisa bermanfaat bagi sobat otomotif.

Terima kasih


Dadang Auto Champion.