Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Motor Spin Stationer Nyala Tapi Digas Langsung Mati



Motor Spin Stationer Nyala Tapi Digas Langsung Mati

Tulisan ini langsung dari Pak Ishan instruktur mekanik motor Auto Champion sekaligus partner kerja saya, langsung saya posting saja dengan sedikit editing dan penyelarasan. Ini dia……
Problem
Saya punya masalah di motor spin, pada kondisi stasioner nyala normal tapi setelah di gas langsung mati, kayak keplepek atau skep gak mau naik. Kadang kalau bodi karbu diketok-ketok normal, tapi setelah dipake jalan terus motor berhenti penyakitnya kambuh lagi.
Solusi
Dari gejala yang terjadi, kayak skepnya gak mau naik, karena karbu spin menggunakan sistem diafragma otomatis untuk menaikkan skep tergantung kevakuman di venturi, sehingga ketika terjadi goresan atau keausan di piston skep bisa menghambat naik turunnya skep.

skep vakum diganti
 skep yang ada keputih-putihan itu yang diganti, itu karena aus

Tanpa pikir panjang langsung saya buka skepnya dan ternyata memang terjadi keausan di piston skepnya, lapisan warna hitam yang melindungi skep sebagian sudah berwarna putih, hal itu menunjukkan dibagian itu terjadi gesekan berlebih sehingga bisa mengganggu kinerja skep karena kerapatanya kurang.
Setelah yakin hal tersebut yang jadi masalah langsung saya belikan piston skep yang baru di bengkel resmi suzuki, ternyata harganya cukup murah cuma 30rban. Setelah saya ganti piston skep dengan yang baru alhamdulillah masalah selesai dan motor bisa ngacir sesuai harapan. Mantap.