Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Motor Spin Bunyi Kletek-Kletek Saat Dikendarai

Motor Spin Bunyi Kletek-Kletek Saat Dikendarai

Kiriman naskah dari Pak Ishan, instruktur mekanik motor Auto Champion sekaligus partner kerja saya. Sedikit editing dan penyelarasan. Langsung simak……

Problem
Saya punya masalah lagi di motor spin, saat dikendarai kadang muncul suara ktetek-kletek di blok CVT nya kayak ada besi yang berbenturan, hal itu sering muncul saat tarikan awal atau pas motor mau naik apalagi ketika berboncengan suara makin keras, sampai-sampai istri ketakutan khawatir motor rontok. Tapi yang aneh gejala itu muncul saat dinaiki aja, kalo motor nyala tanpa dikendarai gas dibetot sampe pol suara gak muncul.
Solusi
Karena penasaran dan sumber suara sudah terdeteksi dari bagian CVT maka langsung saja saya buka  blok CVT nya, karena piranti CVT agak banyak maka saya cek satu-satu, setelah saya cek ternyata roller (weight) sudah pada peyang, kemudian v-belt sudah mulai pecah-pecah saat ditekuk, terus pengecekan berlanjut ke laker as puley skunder, setelah ku goyang-goyang ternyata laker as puley skunder masih bagus belum kocak, begitu juga dengan as roda belakang ternyata masih bagus dan belum kocak.
Karena kerusakan yang saya temukan cuma rollernya (Weight) peyang dan v-beltnya dah mulai pecah-pecah maka tahap pertama yang saya lakukan yaitu ganti roller dan v-beltnya aja, meskipun belum yakin itu masalahnya gak ada salahnya saya coba rakit dahulu dengan harapan suara kletek-kletek hilang.
Setelah semua dirakit dan saya coba jalan ternyata bunyinya masih muncul, mau nggak mau harus dibuka lagi dan kemungkinan terakhir harus di cek gearboxnya, mungkin ada laker yang kocak, setelah gearbox terbuka dan saya cek ternyata benar, laker tengah yang nempel di chasis rusak parah, kocak banget,  jadi bs dipastikan dari situlah sumber bunyinya, otomatis harus diganti laker baru.

ganti laker gear box mio
Bongkar gearbox di CVT dan ganti laker diatas, masalah sembuh 
Cuma masalahnya sekarang cara mengambil lakernya gimana?, itu laker yang dudukanya buntu, Ada cara ini jika telaten dan tidak punya alat khusus. Tapi setelah tanya-tanya temen ternyata ada info tukang las yang biasa ngambil ngambil laker-laker yang sulit dengan cara dilas titik kemudian ditarik, ternyata benar setelah saya bawa ketukang las, lakernya bisa diambil dengan mudah dan ongkosnya cuma 3.000. Mantab!.
Setelah saya belikan laker baru dan dirakit dengan benar, tinggal test drive, Alhamdulillah suara kletek-kletek lenyap.