Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Motor shogun 110 sering mati



Motor shogun 110 sering mati

Problem       
Pak sigit mengalami kasus motor Suzuki shogun 110nya sering mati, itu terjadi sewaktu-waktu. Saat di bengkel motor sudah hampir diganti CDInya, tapi karena pas tidak ada uang diurungkan niatnya. Setelah bertemu dengan crew auto champion langsung dikonsultasikan dan teratasi. Ingin tahu solusinya?, silakan dibawah ini.

Solusi
            Memastikan komponen yang rusak butuh skill tersendiri. Terkadang bengkel motor yang kurang memilki keilmuan yang mapan dan pengalaman memungkinkan terjadinya trial and error. Contohnya kasus motor Suzuki shogun pak sigit tadi yang disuruh menganti CDInya. Padahal setelah dicek oleh crew Auto champion kurang lebih 5 menit langsung ketemu problemnya.
            Permasalahan motor tersebut lebih tepatnya ada pada kabel orange yang putus nyambung. Kabel orange pada motor shogun adalah kabel penyambung antara kunci kontak (dalam kondisi On) dengan berbagai rangkaian diantaranya, rangkaian lampu reting, lampu indicator gigi, klakson, lampu rem dan termasuk diantaranya adalah sistem pengapian. Jika kabel orange tadi putus nyambung, maka pengapian juga hidup dan mati. Perlu diperhatikan kabel kunci kontak shogun hanya ada 2 kabel dan pengapianya adalah pengapian DC.
Mengapa cepat ditemukan? Saat kabel orange putus nyambung lampu netral (indicator gigi) juga hidup mati bersamaan dengan motor hidup dan mati, karena sistem pengapian juga berhubungan dengan kabel orange.
Ingin lihat detail di gambar? Ini dia….., 

pengapian CDI DC Shogun 110


kabel kunci kontak motor shogun

Kabel orange itulah yang putus nyambung, begitu disambung, masalah selesai, tidak perlu ganti CDI. Sekali lagi pentingnya ilmu trouble shooting kerusakan motor dengan terlatih dan cepat.

Terima kasih

Dadang Auto Champion