Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Motor matik berasap, tata ulang ring seker!


Motor matik berasap, tata ulang ring seker!

Problem       
Motor matik Suzuki spin mengalami masalah knalpotnya berasap terutama di saat awal penyalaan. Berasapnya pagi hari ataupun saat motor didiamkan dan dinyalakan lagi. Tapi saat kondisi panas tidak ada asap di knalpot.
Solusi
Untuk memastikan kita harus bongkar silinder head dan blok silinder, karena penyebabnya ada oli terbakar di ruang bakar. Kita harus mengecek langsung mana bagian yang membuat oli masuk keruang bakar dan terbakar. Setelah dibongkar ternyata kondisi ring sekernya terutama ring olinya, jarak gap/celahnya terlalu dekat, ini memungkinkan karena saat kondisi motor jalan semua bisa terjadi. Sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar karena jarak antar gab/celah ring oli yang terlalu dekat.

yang dilingkari merah adalah celah ring seker (ring oli) terlalu dekat jaraknya
 
Setelah tahu sebab kerusakanya (knalpot berasap) karena gab/ celah antar ring seker tidak ideal atau terlalu dekat, kita tata kembali ring sekernya sesuai dengan standar Suzuki. Jika ring seker sudah disusun ideal, tinggal cek dibloknya apakah sudah rapat atau belum. Teknik pengerjaanya sudah kita ulas di cara menyusun ring seker (mirip dengan nyusun motor shogun) dan cara mengecek kebocoran ring seker sebelum motor dihidupkan. Walau beda motor caranya hampir sama, dan patokan menyusun ring seker untuk motor Suzuki juga ada disitu. Jika belum jelas ini di motor suzuki spin aslinya langsung dibawah ini.


mengecek kerapatan seker dan ring seker
Lumuri seker dengan oli sebelum masuk total ke blok silinder!

seker, ring seker dan silinder blok rapat
 setelah seker dilumuri oli, pepetkan blok silinder dan putar-putar seker dengan cara seperti itu

seker, ring seker dan silinder blok rapat
setelah itu pastikan bersih ruang silinder dengan jari, tidak boleh ada oli merembes di bagian ini, jika ingin lebih yakin silakan dijilat, harus bersih dari oli, jika pada pengecekan ini ada kebocoran, jangan dipasang, gantilah seker, ring seker dan blok silinder 1 set. jika rapat langsung rakit berarti masih bisa dipake.

            Setelah ditata ring sekernya secara ideal sesuai standar Suzuki, dan dicek kerapatanya (dalam kondisi motor belum dihidupkan), ternyata bisa rapat. Kemudian langsung dirakit dan dihidupkan ternyata sudah tidak berasap lagi dan beres. Kita berani nata ulang seker dan langsung kita pasang lagi karena kondisi silinder blok, serker dan ring seker masih layak pakai, selain itu pengecekan kerapatan saat motor belum hidup juga masih bagus. Jika sudah tidak layak pakai ya harus ganti total 1 paket blok silinder,seker dan ring seker, karena blok silindernya tipe scem, jika di overzise terlalu keras materialnya dan memang tidak dianjurkan dioversize dang ganti 1 paket motor jadi standar lagi tanpa oversize.

blok silinder tipe scem 
Blok silinder tipe scem, ada tulisanya disitu, tidak perlu dibubut, rusak langsung ganti satu paket ring seker, seker dan blok silindernya sekaligus.


Terima kasih

Dadang Auto Champion