Motor matik berasap, tata ulang ring seker!
Motor matik berasap,
tata ulang ring seker!
Problem
Motor matik Suzuki spin mengalami
masalah knalpotnya berasap terutama di saat awal penyalaan. Berasapnya pagi
hari ataupun saat motor didiamkan dan dinyalakan lagi. Tapi saat kondisi panas
tidak ada asap di knalpot.
Solusi
Untuk memastikan kita harus bongkar
silinder head dan blok silinder, karena penyebabnya ada oli terbakar di ruang
bakar. Kita harus mengecek langsung mana bagian yang membuat oli masuk keruang
bakar dan terbakar. Setelah dibongkar ternyata kondisi ring sekernya
terutama ring olinya, jarak gap/celahnya terlalu dekat, ini memungkinkan karena
saat kondisi motor jalan semua bisa terjadi. Sehingga oli bisa merembes
ke ruang bakar karena jarak antar gab/celah ring oli yang terlalu dekat.
yang dilingkari merah adalah celah ring seker (ring oli) terlalu dekat jaraknya
Setelah tahu sebab kerusakanya (knalpot berasap) karena gab/ celah antar ring seker tidak ideal atau terlalu dekat, kita tata kembali ring sekernya sesuai dengan standar Suzuki. Jika ring seker sudah disusun ideal, tinggal cek dibloknya apakah sudah rapat atau belum. Teknik pengerjaanya sudah kita ulas di cara menyusun ring seker (mirip dengan nyusun motor shogun) dan cara mengecek kebocoran ring seker sebelum motor dihidupkan. Walau beda motor caranya hampir sama, dan patokan menyusun ring seker untuk motor Suzuki juga ada disitu. Jika belum jelas ini di motor suzuki spin aslinya langsung dibawah ini.
Lumuri seker dengan oli sebelum masuk total ke blok silinder!
setelah seker dilumuri oli, pepetkan blok silinder dan putar-putar seker dengan cara seperti itu
setelah itu pastikan bersih ruang silinder dengan jari, tidak boleh ada oli merembes di bagian ini, jika ingin lebih yakin silakan dijilat, harus bersih dari oli, jika pada pengecekan ini ada kebocoran, jangan dipasang, gantilah seker, ring seker dan blok silinder 1 set. jika rapat langsung rakit berarti masih bisa dipake.
Setelah ditata ring sekernya secara
ideal sesuai standar Suzuki, dan dicek kerapatanya (dalam kondisi motor belum
dihidupkan), ternyata bisa rapat. Kemudian langsung dirakit dan dihidupkan ternyata
sudah tidak berasap lagi dan beres. Kita
berani nata ulang seker dan langsung kita pasang lagi karena kondisi silinder
blok, serker dan ring seker masih layak pakai, selain itu pengecekan
kerapatan saat motor belum hidup juga masih bagus. Jika sudah tidak layak
pakai ya harus ganti total 1 paket blok silinder,seker dan ring seker,
karena blok silindernya tipe scem,
jika di overzise terlalu keras materialnya dan memang tidak dianjurkan
dioversize dang ganti 1 paket motor jadi standar lagi tanpa oversize.
Blok silinder tipe scem, ada tulisanya disitu, tidak perlu dibubut, rusak langsung ganti satu paket ring seker, seker dan blok silindernya sekaligus.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion