Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sekring motor injeksi mio J mati terus

Sekring motor injeksi mio J mati terus

Ditulis ke redaksi Auto Champion oleh Pak ishan selaku instruktur dan partner kerja. Seperti biasa di edit dan diselaraskan gaya bahasanya, silakan langsung simak……

Problem
Kemarin keponakan mengeluhkan lagi  motor mio J nya yang tiba-tiba mati, setelah dibawa ke bengkel ternyata sekringnya putus, setelah sekring diganti, motor nyala kembali, tapi setelah dibawa jalan beberapa kilo, ternyata tiba-tiba mati lagi, setelah di cek sekringnya putus lagi. 
Akhirnya motor tersebut dibawa kerumah saya, dan setelah saya cek ternyata benar sekringnya putus, kemudian saya coba ganti dengan sekring baru ternyata baru dipasang dan kunci kontak belum on aja sekring langsung putus

Solusi
Masalah tersebut sudah bisa dipastikan bahwa  terjadi konsleting alias hubungan pendek dari aki positif sekring trus langsung massa. Dan setelah saya cek konektisitas (tes sambungan) dengan multi tester ternyata benar kabel dari aki positif sebelum kunci kontak langsung terhubung ke masa body (chasis), lha sekarang masalahnya yang konslet tinggal dicari letaknya dimana?. Mudah, tinggal runut antara kabel aki + dan kunci kontak.
Semua cover body saya lepas sehingga nampak seluruh kabel body motor tersebut, setelah saya teliti dengan seksama ternyata kabel body dibawah pijakan kaki ada yang terkelupas, dan parahnya yang terkelupas tuh kabel arus dari aki positif, sehingga arus langsung kena masa (chasis) karena ternyata catnya juga sudah mengelupas, makanya kena besinya langsung, lha terang saja sekring baru dipasang langsung putus sebelum kunci kontak di on kan.
kabel konsleting

kabel konslet
 kabel konslet yang berwarna merah
 
Setalah saya pastikan tidak ada kabel lain yang terbuka langsung saja kabel yang kena body tadi saya isolasi dengan baik, dan akhirnya saya pasang sekring yang baru, alhamdulillah motor langsung nyala dan sekring tidak putus lagi.

Terima kasih

Dadang Auto Champion