Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Servis motor injeksi

Servis motor injeksi                       
                 
Memang ada perbedaan antara servis motor injeksi dan motor karbu,untuk motor karbu, standarnya ada sekitar 20 alokasi servis ringan. Bagaimana dengan motor injeksi, kita berikan contoh saja untuk servis di bagian sistem injeksinya di bawah ini.
 scanner yamaha honda

Motor Honda          
Kita ambil contoh Honda supra 125 sistem injeksi PGM-FI. Untuk servis injeksi membutuhkan alat yang bernama HIDS (Honda Injection Diagnostic system) karena motor tersebut bermerek Honda, dengan alat tersebut kita bisa mengetahui detail kondisi sistem injeksi, trouble shooting kerusakan dan mengecek kenormalan sensor-sensornya, ataupun mengetahui standar tegangan masing masing sensor. Semua ada parameter standar di buku manual untuk pengecekan. Kita tinggal copkan di DLC (Data Link Conector) dan langsung dibaca, khusus supra letaknya dibagian tebeng depan dekat plat nomor.


servis motor injeksi

Stel RPM
Untuk motor Honda standar rpm masing – masing tipe motor Honda berbeda-beda, bisa disetel dan disesuaikan dengan buku manua HIDS (Honda Injection Diagnostic System). Angka penyetelan rpm juga akan muncul di alat HIDS dan sudah ada standarnya di buku manual.
Bersihkan cop-copan (soket sambungan)
Pastikan bersihkan cop-copan tiap tiap sensor boleh disemprot dengan pembersih, agar kinerja sensor optimal.
Stel mode on sesuai daerah
Supra yang awal (tahun 2006) setahu saya belum ada penyetelan mode, tapi motor Honda yang baru sudah bisa diterapkan. Jika ingin pindah tempat dengan ketinggian dpla (diatas permukaan air laut) yang berbeda, maka anda bisa stel modenya dengan cara stel mode on injeksi Honda.

Motor Yamaha        
Adapun untuk servis ringan sistem injeksi merek Yamaha kita ambil contoh Mio J yang sudah berbasis sistem injeksi, kita membutuhkan alat FIDT (fuel Injection Diagnostic Tool). Namun sayang alat Yamaha ini tidak dijual untuk bengkel umum, hanya khusus dealer Yamaha saja. sehingga bengkel umum untuk bisa mendapatkan FIDT bisanya merek cina, namun tidak masalah yang penting tetap fungsional, ibarat HP non cina tidak ada, Ya beli HP cina. Dengan alat ini bisa diketahui kode kerusakan dan kerusakan sensornya langsung tertera disitu juga, semua ada di buku manual, alat ini bisa untuk menyetel CO walaupun merek cina.


servis motor injeksi

Stel kadar CO saat diperlukan
Dengan alat ini kita bisa menyetel kadar CO (karbon monoksida), rentang penyetelanya -30 sampai 30, namun pastikan harus sesuai standar euro 3 saat ini. Bisa dirubah untuk kebutuhan tertentu dan daerah tertentu.
RPM tidak perlu disetel karena otomatis.
Untuk stelan rpm untuk mio J tidak perlu disetel karena sudah ada ISC atau Idle speed control.
Bersihkan cop-copan (sambungan soket)
Sekalian servis ringan dimanfaatkan juga untuk mengecek kondisis cop-copan tiap sensor dan membersihkannya agar kerja sensor optimal.
Dengan alat injeksi motor dan pengetahuan yang memadai tentang teknologi injeksi, pekerjaan servis ringan motor injeksi adan mudah untuk dilakukan, dan berdasarkan survey bisa lebih cepat dari pada servis motor sistem karburator.
Terima kasih


Dadang Auto Champion