KURSUS MEKANIK MOTOR BERPRESTASI

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum

Selamat datang di situs resmi Auto Champion. Data statistik transportasi banyak menunjukkan pertumbuhan sepeda motor yang meningkat tajam dari tahun ke tahun dan ini dipersaksikan kita semua. Sehingga hal tersebut mempengaruhi perkembangan bisnis pelayanan after sales sepeda motor, diantaranya servis motor, perawatan mesin, kelistrikan, chasis, penjualan spare part, modifikasi motor, asesoris dan lain lain. Kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja, jangan sampai kehilangan momentum memanfaatkan peluang tersebut, atau relakan saja diambil orang lain.

Fenomena tersebut menjadikan kebutuhan akan mekanik yang berkualitas menjadi faktor penting dalam perputaran bisnis sepeda motor. Termasuk perkara asas dan lebih penting lagi adalah memilih tempat pendidikan kursus mekanik sepeda motor yang berkualitas. Perlu diketahui, kualitas Lembaga kursus bisa dilihat dari pernah berprestasi atau belum lembaga tersebut, karena prestasi indikator yang paling jelas dilihat. sehingga praktis, mau tidak mau konsumen dihadapkan 2 pilihan, lembaga berprestasi, atau non prestasi, adapun Auto Champion memastikan diri sebagai lembaga yang punya prestasi, dan siap berkompetensi di level manapun, sehingga jaminan terhadap kualitas kursus mekanik lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa informasi kursus bengkel sepeda motor di Auto Champion Training Center (Google Map/Arah dipandu Google Map) yang sudah berprestasi di Yogyakarta (red- Jogja Istimewa) dan di level Nasional :

"UNGGUL DENGAN FASILITAS TEKNOLOGI TINGGI (HITECH) DIANTARANYA SCANNER INJEKSI MOTOR ALL BRAND (SCANNTOOL MENDUNIA)" (KLIK SINI)

Bonus Full Tip dan Trik Mekanik Motor Terapan, dan artikel keren (klik sini)

  1. Testimoni (komentar) tentang kursus
  2. Brosur kursus mekanik motor klik disini
  3. Brosur Pelatihan Scanner Moge, Scann Bisa All Brand (Semua Merek)
  4. Info detail (lama belajar) & kos/ bea di Jogja
  5. Objek Training
  6. Buku Kita (terapan dan praktis plus dvd overhaul (turun mesin Honda Tiger 2000 dan overhaul Supra 125 modif kopling), overhaul Mio J harga promo dan mudah dipesan)
  7. Mekanik Motor Injeksi (kelas baru)
  8. Transportasi menuju Jogja atau (Otomatis dipandu Google Map)
  9. Foto bengkel alumni
  10. Bursa Kerja Auto Champion
  11. Alat bengkel terbaru injeksi motor Honda dan Motor yamaha
  12. Mendukung konsumen (pemilih kursus) cerdas di indonesia

Prestasi dan track record Auto Champion Training Centre :

  1. Sistem belajar jarak jauh bagi yang sibuk atau belum bisa datang langsung.
  2. Unggul dengan scanner injeksi Hitech (brand Mendunia) dan Update Teknologi.
  3. Nara sumber di lembaga kapal pesiar LP2K Sun Marino Indonesia, Materi "Kewirausahaan Tentang Mekanik Motor" 19 Maret 2016
  4. Juara Lomba instruktur otomotif dalam rangka Jambore PTK PNF Tingkat Daerah istimewa Yogyakarta tahun 2014
  5. Nara Sumber untuk Upgrade skill Mekanik motor untuk 60 UKM Bengkel Sepeda motor di dinas koprasi bidang UKM, Kediri Jawa Timur2013.
  6. Juara I lomba inovasi bisnis Balai Pemuda dan Olahraga DIY 2009
  7. Lolos Business Start Up Awards (BSA) 2010 seleksi tahap pertama Shell liveWIRE Indonesia
  8. Terpilih 10 besar tingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Bisnis Pemuda tahun 2010 penyelenggara Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
  9. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2010
  10. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2009.
  11. Penyelenggara Program Dukungan Lembaga dari Dinas Pendidikan Sleman 2007
  12. Pelatihan mekanik untuk penyandang cacat/ difable.
  13. Tester mekanik untuk kebutuhan bengkel
  14. Pencetak pengusaha bengkel dan mekanik sepeda motor
  15. Lembaga sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional PNF
  16. Nara sumber rubrik otomotif Koran Harjo (Harian Jogja) hanya 1x tayang.
  17. Semua Pengajar/instruktur bertitel S1 pendidikan teknik mesin, memiliki sertifikan mengajar yang resmi, dan berpengalaman serta terfokus pada ilmu terapan mekanik sepeda motor dan juga memahami arah pembelajaran.
  18. Memberikan jaminan perlindungan konsumen(klik sini).

Kami berharap saudara sukses bersama kami dengan program yang cepat, praktis dan terarah sehingga setiap langkah memiliki asas manfaat dan nilai yang tinggi. Sudah saatnya kita membuat perubahan besar dalam diri kita dan tidak lagi memboroskan uang, waktu, dan pikiran kita hanya untuk sebuah omong kosong dan kesia-siaan. jadikan hidup kita lebih bermakna dengan berkarya!

Pastikan gabung AUTO CHAMPION dan jadilah yang tebaik di bidangnya!

Gerakan Nasional Menuju Indonesia Mandiri dengan Skill Mekanik Motor! jangan mau dijajah!.

Terakhir, Semoga upaya ini termasuk Penyebaran ilmu yang semoga bermanfaat dimanapun kita berada!.

wassalamualaikum

Official dan direktur auto champion

( Dadang )

21 Februari 2014

Servis motor injeksi

Servis motor injeksi                       
                 
Memang ada perbedaan antara servis motor injeksi dan motor karbu,untuk motor karbu, standarnya ada sekitar 20 alokasi servis ringan. Bagaimana dengan motor injeksi, kita berikan contoh saja untuk servis di bagian sistem injeksinya di bawah ini.
 scanner yamaha honda

Motor Honda          
Kita ambil contoh Honda supra 125 sistem injeksi PGM-FI. Untuk servis injeksi membutuhkan alat yang bernama HIDS (Honda Injection Diagnostic system) karena motor tersebut bermerek Honda, dengan alat tersebut kita bisa mengetahui detail kondisi sistem injeksi, trouble shooting kerusakan dan mengecek kenormalan sensor-sensornya, ataupun mengetahui standar tegangan masing masing sensor. Semua ada parameter standar di buku manual untuk pengecekan. Kita tinggal copkan di DLC (Data Link Conector) dan langsung dibaca, khusus supra letaknya dibagian tebeng depan dekat plat nomor.


servis motor injeksi

Stel RPM
Untuk motor Honda standar rpm masing – masing tipe motor Honda berbeda-beda, bisa disetel dan disesuaikan dengan buku manua HIDS (Honda Injection Diagnostic System). Angka penyetelan rpm juga akan muncul di alat HIDS dan sudah ada standarnya di buku manual.
Bersihkan cop-copan (soket sambungan)
Pastikan bersihkan cop-copan tiap tiap sensor boleh disemprot dengan pembersih, agar kinerja sensor optimal.
Stel mode on sesuai daerah
Supra yang awal (tahun 2006) setahu saya belum ada penyetelan mode, tapi motor Honda yang baru sudah bisa diterapkan. Jika ingin pindah tempat dengan ketinggian dpla (diatas permukaan air laut) yang berbeda, maka anda bisa stel modenya dengan cara stel mode on injeksi Honda.

Motor Yamaha        
Adapun untuk servis ringan sistem injeksi merek Yamaha kita ambil contoh Mio J yang sudah berbasis sistem injeksi, kita membutuhkan alat FIDT (fuel Injection Diagnostic Tool). Namun sayang alat Yamaha ini tidak dijual untuk bengkel umum, hanya khusus dealer Yamaha saja. sehingga bengkel umum untuk bisa mendapatkan FIDT bisanya merek cina, namun tidak masalah yang penting tetap fungsional, ibarat HP non cina tidak ada, Ya beli HP cina. Dengan alat ini bisa diketahui kode kerusakan dan kerusakan sensornya langsung tertera disitu juga, semua ada di buku manual, alat ini bisa untuk menyetel CO walaupun merek cina.


servis motor injeksi

Stel kadar CO saat diperlukan
Dengan alat ini kita bisa menyetel kadar CO (karbon monoksida), rentang penyetelanya -30 sampai 30, namun pastikan harus sesuai standar euro 3 saat ini. Bisa dirubah untuk kebutuhan tertentu dan daerah tertentu.
RPM tidak perlu disetel karena otomatis.
Untuk stelan rpm untuk mio J tidak perlu disetel karena sudah ada ISC atau Idle speed control.
Bersihkan cop-copan (sambungan soket)
Sekalian servis ringan dimanfaatkan juga untuk mengecek kondisis cop-copan tiap sensor dan membersihkannya agar kerja sensor optimal.
Dengan alat injeksi motor dan pengetahuan yang memadai tentang teknologi injeksi, pekerjaan servis ringan motor injeksi adan mudah untuk dilakukan, dan berdasarkan survey bisa lebih cepat dari pada servis motor sistem karburator.
Terima kasih


Dadang Auto Champion