Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Motor injeksi macet karena banjir, ayo kita perbaiki!

Solusi motor injeksi macet karena banjir

            Saya dapat telepon dari murid terkait motor injeksi macet karena kemasukan air, artikel ini bisa bermanfaat saat motor anda kebanjiran juga. Pembahasan motor karbu kebanjiran sudah banyak dibahas di internet, kini giliran motor injeksi.
            Secara sistem, motor injeksi sistemnya sangat rapat jadi tidak seperti sistem karbu yang mudah kemasukan air dan perlu dibongkar sistem karbunya. Adapun sistem motor injeksi ada bagian yang disebut dengan throttle yang mudah kemasukan air, masuknya air ke throttle hanya akan masuk ke ruang bakar, tidak masuk ke injector dan sistemnya karena rapat. Biasanya masuk lewat saringan udara ditrhottle yang kemasukan air.
            Oleh karena itu selama sistem motor injeksi tidak ada tanda kedipan kerusakan di MIL (Malfunction Indikator Lamp), maka fokuskan perbaikan pada bagian ini :
1. Jangan diengkol atau distarter jika kondisi kemasukan airnya karena banjir, karena kemungkinan air yang masuk ke ruang bakar dalam jumlah besar, jika diengkol ato distarter pake elektrik starter akan menyebabkan piston rusak karena menekan air yang tidak termampatkan dan terkompresikan sehingga pistonya bengkok atau ada bagian yang jebol. Cukup buka busi, engol gunakan kick starter atau gunakan elektrik starter agar air yang masuk ruang bakar bisa keluar. Lain halnya jika kemasukan air karena cuci motor, biasanya air yang masuk ruang bakar sedikit.
Catatan : saat melakukan engkol dengan kick starter atau elektrik starter kunci kontak jangan di on kan. Ini untuk safety, karena saat di engkol sistem injeksi tetap mengeluarkan bensin jika kena busi atau api dari coil kan bisa terbakar.
2. Buka filter udara dan bersihkan juga, siapa tahu ada sisa air di filter udara yang terpasang di throttle yang bisa jadi penyebab macet jika tidak dibersihkan.
Demikian tips dari saya. Jika air di ruang bakar sudah bersih. Silakan coba hidupkan mesin.
3. Knalpot juga perlu dibuka dan bersihkan siapa tahu ada air yang terperangkap, dikhawatirkan akan masuk ke ruang bakar lagi.
4. Satu lagi ada masukan dari murid kami mas Budi dari palu lewat facebook, jika warna oli sudah seperti susu maka sebaiknya ditap olinya dan diganti yang baru. dan untuk saringan udara karena dari kertas, jika sudah basah akan mengurangi kinerja. sekalian ganti saja.

Trima kasih


Dadang Auto champion