Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

komponen-komponen sistem injeksi motor


Komponen komponen sistem injeksi motor

Agar lebih metodis dalam belajar hendaknya mengetahui nama komponen, fungsi dan cara kerja komponen sistem injeksi. Pendekatan berikut ini setidaknya bisa membantu melekatkan di memori kita tentang komponen komponen yang ada pada sistem injeksi motor, agar lebih familiar dengan teknologi sistem injeksi, diantara komponen sistem injeksi tersebut adalah :
ECU/ECM electronic control module

ECM : Elektronic Control Module
Menerima sinyal dari berbagai sensor, sensor bekerja di berbagai keadaan operasional mesin, lalu ECM mengolah data dan membandingkan dengan parameter yang telah ada, kemudian memerintahkan actuator (output) untuk menlayani kebutuhan mesin.
map, bank angle sensor, engine oil sensor

Intake Air Teperature Sensor(IAT)
Mendeteksi suhu udara yang masuk ke intake manifold
Berpengaruh terhadap
Air Fuel Ratio Correction (campuran udara dan bahan bakar, dengan kata lain volume bahan bakar yang disemprotkan injector ke intake manifold dipengaruhi oleh suhu udara yang masuk ke intake manifold.
Throttle position sensor (TP)
Mendeteksi derajat pembukaan throttle valve (skep gas) yang akan berpengaruh terhadap :
1. Air fuel Rasio correction
2. Declerasi dan accelerasi
3. Beban maksimum (fuel load)

Manifold absolute pressure(MAP)
Mendeteksi kevakuman yang terjadi di intake manifold.

Bank Angle sensor(BAS)
Untuk mematikan mesin pada sistem motor injeksi, sewaktu sepeda motor mengalami kemiringan berlebihan (saat jatuh) bank angle sensor mendeteksi sudut kemiringan sepeda motor. Jika kemiringan sepeda motor lebih dari 55±5°, ECM menghentikan daya listrik ke fuel fump dan engine electrikal system.
Catatan. Kematian mesin terjadi jika kemiringan tersebut terjadi sekitar 5 detik.

Engine oil temperature
Mendeteksi panas oli di dalam mesin.

injector
Injector
Nozzle electromagnetic yang dikontrol oleh ECM, Injektor berfungsi menginjeksikan atau menyemprotkan bahan bakar ke intake manifold untuk kebutuhan pembakaran. 
pompa bensin, pompa injeksi

Pompa Bensin
Memompa dan megalirkan bahan bakar dari tangki ke injektor. tekananya diatur sekitar 294kPa.


skema sistem injeksi
 Skema input output dari ECM
 
Komponen-komponen tersebut saling mendukung seperti yang digambarkan diatas terdiri dari input dan output dari ECM (Electronic Controle Module)

Referensi :

Jurus Cepat Jago Sepeda Motor Injeksi, Tim toko otomotif, TT
Panduan penjualan Supra X 125 PGM-FI

Terima kasih

Dadang Auto champion