Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Oversize, verbosh dan non oversize



Oversize, verbosh dan non oversize


oversize, no oversize dan verbosh

Reconditioning/overhaul atau atau turun mesin sepeda motor, tidak akan lepas dengan yang namanya pekerjaan permesinan yang dinamakan dengan oversize dan verbosh. Keduanya dilakukan karena kondisi liner atau buring pada blok silinder (cylinder block) sudah tidak rapat lagi atau terluka. Bisa karena memang umur sudah saatnya diperbaiki, atau karena pola pemakaian orang yang berbeda-beda sehingga batas kerusakan pun berbeda-beda.
Tanda kerusakanya mudah dikenali, biasanya asap putih tebal lewat kenalpot motor 4 tak, karena oli merembes keruang bakar dan terbakar saat langkah pembakaran, power drop, busi cepat rusak, terjadi detonasi maupun pre ignition dan gejala buruk lainnya. Hal ini biasanya bersamaan dengan rusaknya seker/piston dan ring seker/piston.
Oversize
Oversize adalah memperbesar liner/buring dengan tujuan agar boring dengan tujuan liner/buring lebih rapat dan lebih halus lagi. Caranya dengan mengkolter dan memperbesar diameter liner atau buring dengan mesin bubut/kolter. Ada beberapa kriteria oversize, diantaranya 25, 50,75,100. 

Tabel ukuran overzise

Oversize
Ukuran pembesaran
25
0,25mm
50
0,50mm
75
0,75mm
100
1,00mm atau 1 mm

Adapun yang menentukan besarnya oversize adalah tukang bubut berdasar tingkat kerusakannya. Misal sepeda motor yang mengalami luka parah pada liner/buringnya bisa jadi pertama kali oversize langsung 100, kemudian setelah mengetahui hasil oversize tadi, baru kita beli seker/piston ukuran 100 begitu pula ring seker/piston ukuran 100.
Verbosh
Verbosh adalah mengganti liner, boring sehingga ukuranya menjadi standar lagi, istilah popular lainya ngesok. Hal tersebut dilakukan karena ukuran oversize sudah mentok 100 atau ada tujuan lain agar mesin tidak getar, meski terkadang masih bisa overzise 50, tapi langsung diverbosh agar standar lagi, ini berdasar pengalaman bahwa efek samping oversize salah satunya adalah getaran mesin lebih besar.
 Pekerjaan oversize dan verbosh lebih murah dilakukan daripada beli blok silinder baru yang lebih mahal, tergantung merek motornya. Soal selisih harga, apabila beli blok baru bisa sampai 1 juta lebih adapun verbosh/ ngesok ke tukang bubut, harga terakhir Rp.60.000 sudah standar lagi. Adapun oversize harga terakhir Rp 20.000. Soal keawetan tentu beda. Ini merupakan opsi bagi konsumen yang sebaiknya dijelaskan.
Non overzise
Non oversize tidak melibatkan proses permesinan atau ke tukang bubut karena apabila silinder blok dan piston maupun ring piston sudah tidak rapat lagi atau rusak, maka penggantianya harus 1 paket sekaligus yaitu diganti blok silinder sekaligus piston dan ringnya. Seperti pada motor Kawasaki ninja, Yamaha vixion, Yamaha  Jupiter MX dan kecenderungan motor-motor terbaru lainya, sehingga lebih memudahkan tanpa perlu lagi ke tukang bubut tapi langsung plug and play.

Terima kasih 
Dadang Auto Champion